#
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. (Ist).

15 Tahun Lalu Semua Birokrasi Pernah Korupsi, Ini Cerita Sri Mulyani

EmitenNews.com – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati bercerita bahwa Indonesia sempat dilanda krisis integritas pada 15 tahun silam.

“Korupsi sudah masuk ke dalam suatu sistem. Kita semua berjamaah melakukan korupsi. Birokrasi yang tidak korupsi diluar in line. Value sudah dirubah yang salah menjadi benar,” ujarnya di gedung Ditjen Pajak Jakarta, Selasa, (3/12).

Kemudian, dirinya yang saat itu menjabat sebagai Menteri Keuangan berdiskusi dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk memulai pemberantasan korupsi dari sektor lembaga strategis.

“Kalau ditanya dari bawah sampai yang paling tinggi bilang susah. 15 tahun lalu itu. Lalu kita memulai reformasi birokrasi. Mungkin kita mulai dari institusi yang paling strategis hanya pajak dan bea cukai kemudian Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dan Mahkamah Agung (MA),” tuturnya.

Menurutnya, saat ini penyebab utama terjadinya korupsi karena gaji yang tidak memenuhi kebutuhan hidup sehingga mengharuskan mereka untuk mencari pendapatan dari sumber lainnya.

“Kalau ngga korupsi ngga bisa hidup. Jadi harus menerima sumber lainnya. Anda melayani tapi mukanya Pengen dikasih. Kalau ngga bayar lebih ngga akan dilayani,” ucapnya.

Namun, saat ini, Sri Mulyani mengklaim, budaya seperti itu sudah tidak ada lagi. Sehingga para birokrat tidak mendapat tekanan yang meruntuhkan integritas.

“Kita (sudah) hilangkan begitu. Sehingga birokrat kita tegak melayani. Milenial kita sudah bebas, jadi dari awal sudah tidak punya warisan masalah. Milenial ini semangatnya harus kita matangkan. Calon pemimpin yang bersih,” tegasnya.

Check Also

Kendaraan dari DKI Jakarta bagian Selatan dan Jawa Barat Bisa Lewat Tol Kunciran-Serpong Menuju Bandara
Kepala BPJT Danang Parikesit: kehadiran Tol JORR II bisa memecah beban jalan atas kendaraan bermuatan besar yang selama ini membebani Tol Dalam Kota

EmitenNews.com – Opsi akses tol menuju Bandara Internasional Soekarno Hatta Jakarta, Cengkareng, Tangerang, Banten bertambah. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: