Agus Martowardojo, Komisaris utama Tokopedia. (Dok. Inews.id).

Aktivitas Baru Agus Martowardjojo Setelah tak Lagi di Bank Indonesia
Mantan Gubernur BI itu jadi Komisaris Utama Tokopedia, salah satu e-commerce besar di Tanah Air

EmitenNews – Ini aktivitas baru Agus Dermawan Wintarto Martowardojo, lebih dikenal sebagai Agus Martowardojo setelah tak lagi di Bank Indonesia. Mantan Gubernur BI itu, menjadi Komisaris Utama Tokopedia, salah satu e-commerce besar di Tanah Air. Eks Dirut Bank Mandiri itu, dinilai sebagai sosok berpengalaman dan cocok membina Tokopedia untuk menjadi perusahaan kelas dunia.

Kepada pers, Rabu (9/1/2019), CEO sekaligus Co-Founder Tokopedia William Tanuwijaya mengatakan, kehadiran Agus Marto akan memperkuat momentum kinerja perusahaan memasuki tahun ke-10. Terutama untuk mewujudkan misi pemerataan ekonomi secara digital.

Agus bergabung dengan Tokopedia ketika perusahaan teknologi terdepan di Indonesia ini memasuki fase pertumbuhan baru. Tokopedia mengembangkan ekosistem menjadi infrastructure-as-a-service (IaaS) untuk memberdayakan dan memperkuat perekonomian Indonesia secara inklusif, baik online maupun offline.

Agus Marto mengungkapkan Tokopedia konsisten memberdayakan masyarakat teknologi, sehingga ekonomi Indonesia tumbuh kuat, seimbang dan berkesinambungan. Menteri Keuangan periode 2010-2013 itu, mengaku senang bergabung dengan Tokopedia. Pria kelahiran Amsterdam, Belanda, 24 Januari 1956 itu, akan mengkontribusikan pengalamannya, mendukung cita-cita perusahaan dalam mendorong pengembangan ekonomi yang inklusif.

Berpengalaman lebih dari 30 tahun sebagai bankir, dengan sederet posisi strategis termasuk di pemerintahan, menjadi pertimbangan atas pemilihan Agus Marto sebagai Komisaris Utama Tokopedia. Sebelum terpilih sebagai Menteri Keuangan, dan Gubernur BI, tamatan Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia 1984 itu, pernah memegang posisi kunci di beberapa bank.

Kariernya diawali dengan bergabung pada Bank Niaga (1986-1994) dan sebelumnya di Bank of America (1984-1986). Posisi puncak lalu diembannya di berbagai bank terkemuka, selain aktif di berbagai organisasi atau lembaga.

Lihat saja. Presiden Direktur dan CEO Bank Mandiri (2005-2010), Direktur Utama Bank Permata (2002-2005), penasihat Ketua Badan Penyehatan Perbankan Nasional (2002), Managing Director Bank Mandiri (1999-2002), Direktur Utama PT. Bank Exim Indonesia (1998-1999), dan Presiden Direktur Bank Bumiputera (1995-1998).

Dari berbagai sumber yang dikumpulkan Kamis (10/1/2019), diketahui lewat berbagai kiprahnya itu, Agus Marto diganjar sejumlah penghargaan. Antara lain Gubernur Bank Sentral Terbaik se-Asia Pasifik dari majalah Global Markets (EuroMoney) 2017, Governor of the Year Asia Pasifik Timur di Washington 2017, Finance Minister of the Year untuk Asia Pasifik dari The Banker (Financial Times) 2012.

Lainnya, Indonesian Banker Leadership Achievement Award 2010 dari Asian Banker, dan Indonesia’s Best Executive in 2009 dari Asiamoney. Asia’s Best Executive dari AsiaMoney 2006.

Yang juga membanggakan, Agustus 2014, Agus dianugerahi medali Bintang Mahaputera Adipradana, penghargaan kehormatan sipil tertinggi kedua. ***

 

Check Also

Strategi Bisnis Baru, John Riady di Tunjuk Sebagai Chief Executive Officer PT Lippo Karawaci (LPKR)

EmitenNews – PT Lippo Karawaci Tbk (LPKR) mengumumkan rencana transformasi strategi menyeluruh untuk merekapitalisasi perseroan. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Login to chat with other users!
WhatsApp chat