#
Presiden Joko Widodo didampingi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Selasa (2/6/2020), meninjau perkembangan renovasi Masjid Istiqlal Jakarta. Usai peninjauan yang juga diikuti oleh Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar dan Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR Danis Sumadilaga itu, Presiden menyatakan renovasi Masjid Istiqlal sudah 90 persen. (Dok. Warta Kota).

Alhamdulillah Hari Jumat Ini Masjid di Ibu Kota Mulai Dibuka untuk Kegiatan Ibadah Rutin
Khusus untuk Masjid Istiqlal Jakarta, Jumat ini belum dibuka untuk umum. Pihak masjid memutuskan akan fokus kepada penyelesaian renovasi yang sudah masuk tahap akhir

EmitenNews.com – Alhamdulillah di tengah penerapan Pembatasan Sosial Bekala Besar (PSBB) kegiatan ibadah di rumah ibadah di DKI Jakarta, mulai Jumat (5/6/2020) diizinkan. Tetapi, ingat, yang dibolehkan hanya ibadah rutin, dengan kewajiban tetap menjalankan protokol kesehatan. Ada protokol khusus untuk masjid, atau musala, tempat ibadah umat muslim. Inilah protokol kegiatan ibadah di rumah ibadah selama PSBB masa transisi fase 1 di Jakarta.

Dalam keterangannya di Balai Kota Jakarta, Kamis (4/6/2020), Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyampaikan, yang diizinkan adalah ibadah rutin. Rumah ibadah tidak dibuka terus menerus sepanjang waktu. Jadi, di luar ibadah rutin, tempat ibadah harus ditutup. Belum dibolehkan buka sepanjang waktu.

Selain tidak boleh buka di luar ibadah rutin, masyarakat tetap harus mematuhi protokol kegiatan ibadah di rumah ibadah lainnya, antara lain: jumlah peserta ibadah maksimal 50 persen dari kapasitas tempat ibadah, terapkan jarak aman satu meter antarorang, mencuci tempat kegiatan dengan disinfektan sebelum dan setelah kegiatan. Setelah tempat ibadah dipakai untuk kegiatan rutin harus ditutup kembali.

Dalam protokol kegiatan ibadah di rumah ibadah selama PSBB masa transisi fase 1 di Jakarta ini, untuk rumah ibadah kaum muslim, masjid atau musala, ada protokol khusus yang diterapkan; tidak menggunakan karpet atau permadani, setiap jemaah harus membawa sendiri sajadah atau alat salat. Penitipan alas kaki ditiadakan, setiap jemaah harus membawa sendiri kantong atau tas dan membawa masuk alas kakinya.

Meski rumah ibadah di DKI Jakarta dipersilakan kembali dibuka untuk umum, mulai Jumat ini, namun Masjid Istiqlal belum dibuka. Kepala Bagian Protokol Masjid Istiqlal Abu Hurairah menyatakan, Masjid Istiqlal tidak akan dibuka untuk pelaksanaan ibadah hari ini.

Menurut Abu Hurairah, setidaknya ada dua alasan Masjid Istiqlal belum dibuka, meski sudah diperbolehkan. Pertama, pihaknya belum menerima instruksi dari Imam Besar Masjid Istiqlal KH Nasaruddin Umar terkait operasional masjid. Kedua, pihak Masjid Istiqlal memutuskan akan fokus kepada penyelesaian renovasi yang sudah masuk tahap akhir.

Pihaknya mempertimbangkan secara serius untuk menyelesaikan renovasi masjid agar tidak muncul masalah baru ketika dibuka untuk umum. Rencananya renovasi Masjid Istiqlal selesai pada awal Juli 2020. Pertimbangannya, kata Abu, persiapannya harus benar-benar serius. Jangan sampai pas dibuka untuk umum menimbulkan masalah baru, karena pengunjung Istiqlal per hari bisa rata-rata 5 ribu orang.

Sebelumnya, Selasa (2/6/2020), Presiden Joko Widodo didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, meninjau perkembangan renovasi Masjid Istiqlal di Jakarta. Usai peninjauan yang juga diikuti oleh Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar dan Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR Danis Sumadilaga itu, Presiden menyatakan renovasi Masjid Istiqlal sudah mencapai 90 persen. ***

 

Check Also

Kasus Covid-19 di Indonesia Terus Bertambah, Senin Ini ada 1.282 Penderita Baru
Alhasil sejak kasus pertama diumumkan oleh Presiden Joko Widodo, Senin (2/3/2020), sampai hari ini penderita infeksi virus corona mencapai 76.981 orang

EmitenNews.com – Kasus covid-19 di Indonesia terus bertambah. Senin (13/7/2020) saja ada tambahan 1.282 kasus …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: