#

Aman, Semua Transaksi Bursa Sebelum Error Diakui dan Disimpan Sistem JATS

EmitenNews – Mulai jam 10:00 WIB sistem transaksi di Bursa Efek Indonesia (BEI) kembali berjalan normal. Lalu bagaimana nasib transaksi yang sudah terjadi sejak sebelum normalisasi dilakukan?

”Transaksi sebelum jam 10:00 tetap tercatat,” ucap Direktur Pengawasan dan Kepatuhan Anggota Bursa (AB) BEI, Hamdi Hassyarbaini, saat jumpa pers di Main Hall gedung BEI, hari ini (10/07).

Pada intinya, kata dia, terjadi keterlambatan transaksi selama satu jam akibat gangguan tersebut. ”Kami minta maaf atas keterlambatan transaksi selama satu jam. Tidak ada dampak terhadap sistem pengawasan transaksi. Selalu dalam pengawasan divisi karena intinya ini masalah datafeed,” tegasnya.

Direktur Utama BEI, Tito Sulistio, mengatakan akibat masalah pada sistem datafeed itu terjadi volatilitas data selama 2 jam. ”Sebenarnya jam 10 sudah jalan. Mohon maaf ada kejadian semacam ini dan kami terus berusaha agar tidak terjadi lagi. Lima tahun lalu juga terjadi tapi seharusnya tidak terjadi lagi,” ucapnya.

Secara rinci akibat gangguan sistem sejak sesi pembukaan Indeks harga saham gabungan (IHSG) itu BEI memastikan:

  1. Seluruh transaksi bursa yang telah terjadi (match) tetap diakui atau tersimpan oleh sistem JATS
  2. Seluruh penawaran jual dan permintaan beli yang belum match (open order) akan dihapus oleh sistem JATS
  3. Acuan harga untuk perdagangan efek bersifat ekuitas mulai pukul 10:00 waktu JATS menggunakan harga penutupan pada perdagangan hari Jumat, 7 Juli 2017.

Check Also

Laba Jasa Marga (JSMR) Amblas 89,49 Persen di Kuartal III-2020

EmitenNews.com- PT Jasa Marga Tbk (JSMR) mencatat laba bersih yang dapat di atribusikan kepemilik entitas …

%d bloggers like this: