#

ASII Bagi Dividen Rp6,8 Triliun

Emitennews.com – PT Astra International Tbk (ASII) membagikan dividen tunai tahun buku 2016 sebesar Rp 6,8 triliun atau Rp 168 per saham  dengan rasio dividen (payout ratio) sebesar 44,8% dari laba bersih 2016 yang mencapai Rp 15,15 triliun.

Dari jumlah itu, sebesar Rp 55 per saham telah didistribusikan sebagai dividen interim pada 21 oktober 2016 lalu. “dividen Rp 113 yang batch ini karena dipotong dari dividen interim tahun lalu itu akan dibayarkan segera,” ujar Prijono Sugiarto usai rapat umum pemegang saham, kamis (20/4).

Sementara itu, sebesar Rp 8,3 triliun akan dibukukan sebagai laba ditahan ASII. Seperti diketahui, sepanjang tahun lalu, pendapatan bersih ASII turun 2% menjadi Rp 181,1 triliun.Penurunan ini disebabkan turunnya pendapatan di segmen alat berat dan pertambangan, serta penurunan kontribusi pendapatan dari toyota sales operation.

Namun, perusahaan yang didirkan oleh William Soeryadjaya ini mencatat laba bersih naik 5% menjadi Rp 15,15 triliun. Kenaikan ini terkontribusi dari segmen otomotif, alat berat dan pertambangan, agribisnis serta infrastruktur dan logistik. Sebagian peningkatan kontribusi tersebut diimbangi oleh penurunan kontribusi dari segmen jasa keuangan, teknologi informasi dan properti.

Nilai aset bersih per saham tercatat sebesar Rp 2.765 pada 31 desember 2016, meningkat 10% dibandingkan dengan posisi akhir tahun 2015.

Selain menyetujui pembagian dividen, perseroan juga menerima pengunduran diri Michinobu Sugata sebagai komisaris independen perseroan.

Check Also

Catatan Komnas HAM, Makin Sempit Saja Ruang untuk Menyampaikan Pendapat dan Berekspresi
Wakil Ketua Eksternal Komnas HAM Amiruddin Al Rahab mendasarkan pendapatnya itu dari banyaknya aduan ke Komnas HAM, baik dari jurnalis maupun kalangan masyarakat

EmitenNews.com – Semakin menyempit saja ruang untuk menyampaikan pendapat dan berekspresi. Itulah yang dicatat Komisi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: