Bank BTN Dukung Elektrifikasi 305 Rumah di Larantuka

Elektrifikasi di Larantuka dan Kupang merupakan bagian dari kegiatan BUMN Hadir Untuk Negri di wilayah NTT

Marco

Berita Emiten, Ekonomi Update, Makro & Moneter, Properti Wednesday, 7th March 2018 4:01:52 PM • 8 months ago


EmitenNews – PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk mendukung kegiatan BUMN Hadir untuk negeri yang dilakukan di wilayah Larantuka dan Kupang. Program elektrifikasi merupakan salah satu kegiatan yang menjadi perhatian perseroan dalam membantu masyarakat di Larantuka untuk menikmati penerangan listrik.
Program yang dilakukan bank berkode dagang BBTN ini sekaligus untuk mendukung dan melaksanakan amanat Nawacita pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Jusuf Kalla dalam mendorong kemajuan kawasan tertinggal. Kegiatan CSR di Larantuka tersebut menjadi salah satu bagian dari bantuan yang disalurkan Bank BTN melalui program BUMN Hadir Untuk Negeri di wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT).
Nixon L Napitupulu, Direktur Bank BTN menjelaskan perseroan sangat concern dalam membantu masyarakat sebagai wujud dan tanggung jawab Corporate Social Responsibility (CSR) Bank BTN. Kegiatan ini juga menjadi bagian dari sasaran program BUMN Hadir Untuk Negeri di wilayah NTT. “Jadi kami sangat mendukung program ini agar bagaimana dengan kegiatan ini masyarakat di Larantuka dapat menikmati listrik,” jelasnya di sela-sela acara penyerahan bantuan CSR bersama Kementrian BUMN Rabu (7/3/18) di Larantuka, Kabupaten Flores Timur, NTT.
Bank BTN memberikan sejumlah bantuan ke provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) yang memiliki  7 pulau terluar. Sebagai wujud CSR perseroan, Bank BTN menyerahkan bantuan secara langsung ke masyarakat berupa elektrifikasi yang disalurkan untuk 305 rumah, pembangunan 10 rumah pejuang integrasi ex Timor Timur dan sejumlah pembangunan fisik lainya. Penyerahan bantuan dilakukan saat kunjungan Menteri BUMN, Rini M. Soemarno ke Kupang dan Larantuka, NTT  yang berlangsung sejak 6 Maret lalu.
Selain itu bantuan juga diberikan di wilayah Kupang. Pada wilayah tersebut Bank BTN menyerahkan bantuan berupa renovasi dan pembangunan rumah para pejuang integrasi  ex Timor Timur sebanyak 10 unit rumah. Sementara di Larantuka, Bank BTN bersinergi dengan PLN menyalurkan listrik ke setidaknya 305 KK yang tinggal di kecamatan Tanjung Bunga, Ujung Timur Larantuka, Kabupaten Flores Timur.
Bantuan elektrifikasi BUMN Hadir Untuk Negeri di NTT dilakukan di enam desa yang meliputi Desa Kolaka, Desa Bahinga, Desa Bandona, Desa Waibao, Desa Lewobunga dan Desa Nusa Nipa. Bank BTN concern pada tiga desa, yaitu Desa Waibo, Nusa Nipa dan Lewobunga, Dengan kegiatan yang dilakukan oleh perseroan di wilayah tersebut, maka rasio elektrifikasi di tiga Desa tersebut total bisa mencapai 60,63%,” kata Nixon.
Sementara itu Menteri BUMN Rini M Soemarno menjelaskan listrik merupakan kebutuhan dasar masyarakat, sehingga dengan bantuan yang diberikan tentunya memberikan manfaat bagi masyarakat. Ini merupakan bentuk nyata BUMN hadir untuk masyarakat di wilayah Larantuka, NTT. Pemerintah terus mendorong peningkatan rasio elektrifikasi desa terutama di daerah 3T. Terima kasih kepada PLN dan BTN yang sudah hadir, berkontribusi bagi masyarakat di Larantuka, khususnya Kecamatan Tanjung Bunga.
Menurut Rini pemberian bantuan kelistrikan merupakan wujud nyata program BUMN Hadir Untuk Negeri dalam mendorong peningkatan rasio elektrifikasi di wilayah 3T (terluar, terdepan dan tertinggal) Indonesia. Rasio elektrifikasi provinsi NTT sebesar 53,1% atau terendah kedua setelah provinsi Papua 52,4%.
“NTT sekarang menjadi wilayah yang bakal memiliki peluang untuk berkembang di masa mendatang. NTT sekarang sudah menjadi salah tempat tujuan wisata. Termasuk dalam hal ini NTT sebagai salah satu destinasi wisata Indonesia dengan pemandangan laut yang indah. Pengembangan destinasi wisata Indonesia juga menjadi salah satu concern pemerintah sehingga Bank BTN juga ikut memberikan dukungan seperti pembangunan dermaga dan perbaikan Homestay yang dilakukan di pulau Rinca, ” tambah Nixon menjelaskan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *