#

BEI: Sentimen Domestik Dan Makro Global Bayangi Pelemahan Bursa

EmitenNews.com – Bursa Efek Indonesia (BEI) mengungkapkan pelemahan market pada hari-hari ini masih dipengaruhi oleh kondisi makro global yang masih belum kondusif. Adanya sentimen perang dagang antara China versus Amerika Serikat (AS) cukup berpengaruh signifikan pada pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) hari-hari ini.

“Perang dagang masih menjadi headline di seluruh dunia. Jika AS masih terus ‘batuk-batuk’ maka seluruh negara akan kena, termasuk Indonesia,” ujar Laksono W. Widodo, Direktur Perdagangan dan Pengaturan Anggota Bursa di Jakarta, Senin (20/5).

Terkait sentimen domestik, lanjut Laksono, pertumbuhan pendapatan perusahaan-perusahaan tercatat di kuartal satu 2019 yang lebih rendah dari perkiraan, membuat banyak analis melakukan downgrade di earnings, sehingga hal ini butuh waktu untuk tercermin di harga.

Di sisi lain, ketegangan perpolitikan saat ini masih menjadi salah satu hal yang dikhawatirkan oleh para investor, baik investor asing maupun domestik. “Pelaku pasar saat ini sedang mengantisipasi pengumuman hasil pemilihan umum yang akan diumumkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) besok tanggal 22 Mei,” jelasnya.

Laksono berharap pengumuman pemilu dapat berjalan dengan lancar sehingga market akan lebih baik. “Jadi kalau tanggal 22 berjalan lancar, dan semua pihak bisa mengendalikan diri itu bisa menjadi nilai tambah untuk kita,” tuturnya.

Terkait protokol krisis, Laksono mengungkapkan bahwa bursa juga selalu mempersiapkan diri apabila diperlukan melakukan protokol krisis. “Saat ini belum perlu protokol krisis tetapi Bursa selalu siap apabila diperlukan,” tutupnya. (Dadag)

Check Also

Capital Inflow Topang Ruang Gerak IHSG, Mainkan 9 Saham Ini

EmitenNews.com – Pasar saham Indonesia sambu awal pekan hari ini diperkirakan melanjutkan proses kenaikan jangka …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *