#
Suasana Main Hall gedung BEI. Foto: EN

BEI : Transaksi Harian Capai Rp6,12 Triliun

EmitenNews – Bursa Efek Indonesia mencatat rata-rata nilai transaksi harian di sepanjang periode 17 hingga 21 Juli 2017 mengalami kenaikan 21,18% menjadi Rp6,12 triliun dari periode pekan sebelumnya yang berjumlah Rp5,05 triliun. Rata-rata volume transaksi harian pada pekan ini juga meningkat 2,67% menjadi 8,05 miliar unit saham dari 7,84 miliar unit saham sepekan sebelumnya.

Rata-rata frekuensi transaksi harian BEI selama sepekan terakhir juga tumbuh 15,70% menjadi 267,41 ribu kali transaksi dari 231,12 ribu kali transaksi pada pekan lalu.
Sayangnya, laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada pekan ini mengalami perubahan 1,13% menjadi 5.765,42 poin dari 5.831,79 poin sepekan sebelumnya, dan nilai kapitalisasi pasar IHSG juga berubah 1,09% menjadi Rp6.306,98 triliun dari 6.376,69 triliun pada pekan lalu.

Investor asing mencatatkan jual bersih pada pekan ini sebesar Rp4,04 triliun. Meski demikian sepanjang tahun ini investor asing masih mencatatkan beli bersih senilai Rp8,53 triliun.

Untuk meningkatkan pemahaman mengenai strategi, praktik dan perkembangan investasi yang bertanggungjawab (responsible investment), BEI dan Principles for Responsible Investment (PRI) mengadakan Responsible Investment Forum, di Main Hall BEI, Selasa (18/7). Forum yang terbagi atas dua sesi ini menyediakan wadah untuk belajar dan mendengar tentang perspektif stakeholders lokal dan regional.

Responsible Investment Forum menghadirkan beberapa narasumber dengan beragam latar belakang. Sesi pertama yang bertema “Responsible Investment in Practive” diisi oleh Analis Senior Responsible Investment dari Aberdeen Asset Management Jamie Govan, Analis Senior Saturna Sdn. Bhd Mustafa Aydemir, dan Direktur Eksekutif Morgan Stanley Capital International (MSCI) Elaine Ng.

Sesi kedua mengangkat tema “Responsible Investment in Indonesia: Local Perspectives and Developments” menghadirkan Chief Investment Officer PT Asabri (Persero) Hari Setianto, Peneliti Senior BEI Poltak Hotradero, Direktur Keuangan Berkelanjutan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Edi Setijawan, Direktur Eksekutif Kehati MS Sembiring.

Forum ini turut dihadiri oleh Deputi Komisioner OJK Dumoly F. Pardede, Direktur Global Networks and Outrearch Principle for Responsible Investment, Anggota Senior Dewan National Center for Sustainability Reporting Lorenzo Saa, Komisaris Independen PT Chubb General Insurance Indonesia Mas Achmad Daniri, dan Direktur Pengembangan BEI Nicky Hogan.
Di hari yang sama, BEI juga menyelenggarakan Malam Apresiasi Pelaku Industri Jasa Keuangan untuk Dewan Komisioner OJK Periode 2012 – 2017 di Main Hall BEI. Acara tersebut merupakan penghargaan BEI beserta pelaku seluruh industri jasa keuangan kepada Komisioner OJK Periode 2012 – 2017.

Literasi Pasar Modal
Untuk memudahkan penyebaran informasi di berbagai daerah, BEI kembali meresmikan Galeri Investasi BEI di Universitas Universal yang merupakan kerja sama dengan PT Kresna Sekuritas, Senin (17/7). Pengembangan Galeri Investasi ini bertujuan untuk menjaring calon investor baru.
Galeri Investasi BEI – Universitas Universal merupakan Galeri Investasi ke-33 yang diresmikan di tahun 2017. Ini juga merupakan Galeri Investasi kedua di Provinsi Kepulauan Riau dan Galeri Investasi ke-273 di seluruh Indonesia.

Selain peresmian Galeri Investasi, BEI juga melakukan serangkaian kegiatan melalui Pusat Informasi Go Public (PIGP) di berbagai daerah. PIGP BEI Bandung melakukan acara Galeri Investasi Gathering se-Jawa Barat dan acara Anggota Bursa (AB) Gathering bersama para AB yang ada di Kota Bandung pada Rabu (19/7).
Lalu, pada Kamis (20/17) Pusat Informasi Go Public PT Bursa Efek Indonesia bekerjasama dengan MNC Sekuritas mengadakan SPM Reguler level 1 dan 2. Sedangkan di Manado, masih di hari yang sama, melalui Kantor Perwakilan BEI bekerja sama dengan Phillip Sekuritas Indonesia menyelenggarakan Forum Calon Investor bagi masyarakat di Kota Kotamobagu, Provinsi Sulawesi Utara.
Pada pekan ini terdapat 1 pencatatan Obligasi yakni Obligasi Berkelanjutan III Adira Finance Tahap VI Tahun 2017. Surat utang korporasi yang diterbitkan oleh PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk (ADMF) ini mulai dicatatkan di BEI pada Senin (17/7).

Check Also

Jangan Ragukan Penunjukan Ulin Yusron Sebagai Komisaris Independen ITDC
"Ulin ini kan berpengalaman di media ya. Mungkin kamu nggak pernah tau juga kalau dia itu adalah pendiri Berita Satu. Berita Satu itu yang buat dia, sebelum dibeli oleh Lippo," ujar Arya Sinulingga

EmitenNews.com – Jangan ragukan penunjukan Ulin Ni’am Yusron sebagai Komisaris Independen PT Pengembangan Pariwisata Indonesia …

%d bloggers like this: