Bos BEI: Gejolak Pasar Modal Saat Ini Paling Unik Dalam Sejarah

Marco

Regulator Updates Tuesday, 10th April 2018 10:43:12 AM • 2 months ago


EmitenNews – Pasar modal secara global tengah bergejolak. Banyak sentimen yang menimbulkan ketidakpastian di pasar saham yang memicu kekhawatiran investor global.

Direktur Utama Bursa Efek Indonesia (BEI) Tito Sulistio mengatakan, gejolak ini merupakan gejolak unik yang tidak pernah terjadi dalam pasar modal sebelumnya. Sebab, pasar bergerak sangat fluktuatif dalam tempo singkat.

“Jadi ada satu tulisan mengatakan, ini suatu gejolak yang paling unik yang pernah terjadi dalam sejarah bursa. Ini yang sedang kita pelajari,” ujarnya di Gedung BEI, Selasa (10/4/2018).

Tito mengatakan kondisi ini sudah berjalan kurang lebih dua bulan. Pasar modal Indonesia pun tidak lepas dari imbas tersebut sehingga Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) bergerak sangat fluktuatif.

Mempertimbangkan kondisi tersebut, Tito menyatakan akan membuat studi lebih lanjut tentang kondisi dan penyebab gejolak di pasar global.

Pasalnya, ketidakpastian adalah faktor yang paling mengancam stabilitas pasar. Di mana ketidakpastian tersebut mempengaruhhi persepsi pelaku pasar.

Padahal, faktor persepsi adalah komponen penyusun kekuatan pasar.

“Kan indeks itu fungsi dari faktor ekonomi emiten dan persepsi plus minus. Nah persepsi ini plus minus,” kata Tito.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *