Bos BEI: Utang Luar Negeri Tinggi Tak Masalah yang Penting  Penggunaan Efektif

Marco

Regulator Update, Self Regulatory Organizations (SRO) Tuesday, 5th June 2018 1:37:59 PM • 5 months ago


EmitenNews – Direktur Utama PT Bursa Efek Indonesia (BEI) Tito Sulistio mengatakan tidak perlu khawatir dengan tingginya utang luar negeri Indonesia.

“Selama utang itu bisa dikelola dengan baik dan dipakai dengan efektif tidak perlu dikuatirkan. Negara-negara lain juga begitu,” kata Tito di sela-sela acara Diskusi Ekonomi SOKSI di Jakarta, Selasa, (5/5).

Diskusi yang mengambil tema “Langkah stra tegis fiskal moneter: Membangun Optimisme Ekonomi Indonesia” itu membahas  isu krisis moneter dan ancaman serta tantangan yang sedang dihadapi oleh Pemerintahan Joko Widodo dan Jusuf Kalla.

Ketua Umum SOKSI Ade Komarudin dalam rilisnya mengatakan, diskusi ekonomi yang diselenggarakan ini sangat relevan dengan konteks ekonomi terkini, yang merupakan langkah cepat SOKSi dalam mewacanakan isu ekonomi kontemporer sebagai upaya antisipasi krisis yang bisa jadi melanda Indonesia.

Dikatakan, sejak Tahun 1960, SOKSl lahir untuk menandingi kekuatan Partai Komunis lndonesia (PKI) dengan doktrin perjuangan Karyawanisme.

Tantangan dan Perjuangan masa lalu SOKSI dalam menjaga kewibawaan Negara dan menegakkan Pancasila, telah dibuktikan melalui Aktivitas SOKSI dalam, misalnya, merangkul Karyawan di Perusahaan-Perusahaan Negara, yang ampuh menekan perkembangan dan agresivitas PKI di masa itu, dan terus aktif dalam karya nyata mengisi pembangunan.

Catatan emitenNews.com, posisi utang luar negeri Indonesia tercatat mencapai USD 356,23 miliar atau setara dengan Rp 4.907 triliun atau setara Rp 4.907,42 triliun (kurs USD 1=Rp 17.776) hingga Februari 2018.

Utang itu i terdiri dari utang pemerintah dan bank sentral sebesar USD 181,4 miliar (Rp 2.498 triliun), serta utang swasta USD 174,8 miliar (Rp 2.408 triliun). Utang luar negeri per akhir Februari ini tumbuh sebesar 9,5 persen (yoy), melambat dibanding bulan sebelumnya sebesar 10,4 persen (yoy).

fsp

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *