BPS: Bahan Makanan Pokok Penyumbang Inflasi 0,1 Persen

Jelang Ramadhan Harga-Harga Beranjak Naik

andi baco

Ekonomi Update, Sektor Riil Wednesday, 2nd May 2018 7:24:34 PM • 3 weeks ago


EmitenNews – Meski Bulan Ramadhan dua pekan lagi, namun harga-harga kebutuhan pokok mulai beranjak naik. Badan pusat statistik (BPS) mencatat indeks harga konsumen (IHK) pada april 2018 mengalami inflasi sebesar 0,1 persen. Angka ini lebih tinggi dibandingkan April 2017 sebesar 0, 09 persen.

Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa BPS, Yunita Rusanti mengatakan Jelang Ramadhan laju inflasi sedikit naik pada bulan april 2018, BPS mencatat laju inflasi 0, 1 persen yang di sebabkan kenaikan sejumlah pengeluaran seperti kelompok makanan jadi minuman dan rokok. serta pengeluaran kelompok perumahan dan energi.

Kelompok makanan jadi, minuman dan rokok menyumbang inflasi sebesar 0, 24 persen, pengeluaran perumahan dan energi menyumbang inflasi 0,16 persen. Serta kelompok sandang yang menyumbang inflasi 0, 29 persen.  Dengan demikian inflasi tahun kalender sebesar 1,09 persen  sedangkan inflasi secara tahun ke tahun sebesar 3, 41 persen.

“inflasi tertinggi terjadi di Merauke sebesar 1, 32 persen sedangkan inflasi terendah terjadi di Kota Padang dan Kudus masing masing 0, 01 persen,” ucap Yunita Rusanti

Dari 82 kota survei IHK sebanyak 54 kota mengalami inflasi, sedangkan 28 kota mengalami deflasi. BPS juga mencatat inflasi pada april ini dipengaruhi oleh panen raya pada sejumlah bahan kebutuhan pokok masyarakat, khususnya beras.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *