Capitalinc Investment (MTFN) Akuisisi Tiga Perusahaan Migas pada 2017

PT Capitalinc Investment Tbk menggelar RUPST 2018 di Hotel Grand Kemang, Jakarta Selatan, Selasa, 12 Februari 2019

M Nasir

Berita Emiten, Emiten Update Thursday, 14th February 2019 12:56:18 PM • 4 days ago


EmitenNews – PT Capitalinc Investment Tbk (MTFN) menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) 2018 di Hotel Grand Kemang, Jakarta Selatan, Selasa (12/02/2019). Dalam RUPST tersebut terungkap, emiten Bursa Efek Indonesia (BEI) di sektor migas itu, pada 2017 telah mengakuisisi tiga perusahaan migas.

Dalam rilis yang diterima Kamis (14/2/2019), Sugeng Purnomo, Direktur MTFN, sekaligus merangkap sebagai Sekretaris Perusahaan mengungkapkan, tiga perusahaan itu, PT Indo Kilang Prima (IKP), PT Indo LNG Prima (ILP) dan PT Indogas Kriya Dwiguna (IKD). Ia menyebutkan, pengambilalihan tersebut memberikan dampak sangat signifikan bagi kinerja keuangan Capitalinc.

Paling tidak, itu terlihat dari lonjakan pendapatan pada 2017, mencapai hampir 43 kali menjadi Rp459 miliar dibandingkan realisasi pendapatan 2016 Rp10,49 miliar. Ternyata, 97 persen dari pendapatan 2017 atau Rp444 miliar berasal dari bisnis migas, terutama bisnis gas alam cair (Liquified Natural Gas/LNG).

“Lonjakan pendapatan itu karena perseroan pada 2017 mengakuisisi tiga perusahaan di sektor usaha industri hilir minyak dan gas bumi,” ujar Sugeng Purnomo dalam rilisnya.

Sugeng mengemukakan, kinerja ketiga perusahaan yang diakuisisi pada Maret dan Juni 2017 tersebut cukup mendukung kinerja bisnis perseroan secara keseluruhan. IKP adalah anak usaha perseroan yang bergerak di bidang kilang minyak dan berencana membangun kilang penyulingan (refinery) kecil (minirefinery). “IKP telah memiliki izin dari Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi untuk membuat kilang minyak.”

Sementara itu, ILP telah menjadi anak usaha perseroan yang bisnisnya bergerak di sektor gas alam cair (LNG). Perseroan berencana membangun LNG plant dan akan terus melakukan perdagangan LNG. Sedangkan IKD, anak usaha perseroan yang bergerak di sektor perdagangan gas.

IKD telah melakukan kegiatan penjualan gas dan memiliki dan memasuki beberapa kontrak penting dengan beberapa pihak. Dengan begitu, perseroan mampu memberikan kontribusi pendapatan kepada perseroan dalam jumlah yang signifikan. ***

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *