Dari Investasi Yen4 Miliar, Kapasitas Produksi Mitsubishi XPANDER Ditarget 220 Ribu Unit per Tahun

RS gen

Ekonomi Update, Sektor Riil Thursday, 4th October 2018 9:34:01 AM • 3 weeks ago


EmitenNews – Belum lama jualan, kapasitas produksi Mitsubishi XPANDER ditingkatkan. Penantang baru di pasar mobil small Multipurpose Vehicle (MPV) itu ditarget bisa berproduksi maksimal sebanyak 220 ribu unit pada tahun 2020.

Tambahan kapasitas produksi maksimum menjadi 220 ribu unit per tahun itu merupakan bagian dari hasil investasi Mitsubishi Motors Corporation (MMC) sekitar Yen 4 miliar. Saat ini volume produksi XPANDER sebanyak 115 ribu unit per tahun dan ditambah menjadi 160 ribu unit.

Tambahan investasi untuk peningkatan kapasitas produksi XPANDER itu diumumkan MMC di Tokyo, Jepang, Rabu (03/10).

Bukan hanya pasar domestik, tambahan kapasitas produksi juga untuk kebutuhan ekspor yang ditingkatkan dari 30 ribu unit menjadi 50 ribu unit.

Tambahan lapangan kerja sebanyak 800 orang di pabrik yang berlokasi di Bekasi, Jawa Barat, itu. Total karyawan mencapai 4.100 orang.

Sebagai informasi, mesin XPANDER akan diproduksi di Nissan Motor Indonesia (NMI), anak perusahaan Nissan Motor Co., Ltd di Indonesia.

Hal ini diklaim akan meningkatkan rasio penggunaan suku cadang lokal pada XPANDER dari 70 persen menjadi sekitar 80 persen. Diyakini akan membawa manfaat ekonomi bagi rantai pasokan lokal.

Pengembangan di fasilitas NMI akan mampu memeroduksi sebanyak 160 ribu unit mesin XPANDER per tahun.

Sejauh ini, XPANDER telah membukukan 100 ribu angka pemesanan di Indonesia sejak diperkenalkan pada Agustus 2017 hingga akhir September 2018.

Pada bulan Maret dan Juli 2018, XPANDER menduduki posisi pertama pada daftar volume penjualan kendaraan di Indonesia. ”Dengan mengembangkan bisnis di Indonesia, MMC berkomitmen untuk memberikan kontribusi secara berkelanjutan terhadap pertumbuhan ekonomi di Indonesia,” bunyi pengumuman resmi MMC.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *