Dihadiri Kepala Eksekutif Pasar Modal OJK dan Hary Tanoe, IDX Channel Going Young & Digital Resmi Diluncurkan

RS gen

Regulator Update, Self Regulatory Organizations (SRO) Monday, 8th October 2018 9:44:21 AM • 2 weeks ago


EmitenNews– IDX Channel tampil baru. Perubahan pada tampilan tv pertama khusus pasar modal itu didukung peluncuran situs (online media) agar lebih terjangkau publik dan diharapkan mendukung peningkatan literasi investasi di pasar modal Indonesia.

IDX Channel Going Young & Digital  diresmikan di main hall Bursa Efek Indonesia (BEI), pagi ini (08/10). Dihadiri Kepala Eksekutif Pasar Modal Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Hoesen, CEO MNC group Hary Tanoesoedibjo, dan jajaran direksi Self Regulatory Organizations (SRO).

”Tampilan baru dan situs web ini sebagai sarana sosialisasi dan edukasi pasar modal di Indonesia. Tidak hanya untuk investor eksisting tapi juga masyarakat Indonesia secara keseluruhan,” Hoesen mengungkapkan dalam sambutannya.

Tingkat inklusi pasar modal Indonesia seperti juga tercermin dari Single Investor Identification (SID), menurutnya, relatif masih kecil. ”Baik investor saham mapun reska dana, apabila dibandingkan penduduk Indonesia mungkin baru sekitar 1 persen,” ungkapnya.

Meski begitu, seiring dimaksimalkannya kehadiran industri digital termasuk Financial Technology (Fintech) dalam perkembangan pasar modal Indonesia, pihaknya optimistis jumlah investor pasar modal Indonesia akan meningkat dengan cepat.

Daya jangkau didorong bukan hanya terpusat di Jawa. Tetapi juga sampai ke seluruh daerah di Indonesia.

”Kita keahui onlinesekarang sudah sangat luar biasa dan lebih dari 100 juta masyarakat kita sudah akses online. Dengan adanya IDX website supaya lebih terjangkau. Supaya tidak hanya streamingtapi juga tulisan,” Hary Tanoe mengucapkan.

Maka pria akrab disapa HT itu menilai perubahan tampilan IDX Channel tv dan hadirnya website IDX Channel sebagai satu rangkaian yang harus didukung. ”Kita perlu distribusikan seluas-luasnya,” pintanya.

Kehadiran situs IDX Channel salah satunya dilatarbelakangi data terbaru di pasar modal Indonesia. Data survey The Indonesia Capital Market Institute (TICMI) pada 25 April 2018 menyebutkan bahwa 72 persen generasi milenial sudah pernah berinvestasi di pasar modal.

Data Bursa Efek Indonesia (BEI) juga menyebut bahwa dari 670 ribu jumlah investor Indonesia, 280 ribu di antaranya berasal dari pegawai atau karyawan, 120 ribu berasal dari kalangan mahasiswa, sisanya di luar keduanya.

Angka tersebut akan terus meningkat seiring dengan adanya 401 Galeri Investasi BEI, 29 Kantor Perwakilan BEI, dan Edukasi Yuk Nabung Saham yang terus menerus melakukan kegiatan edukasi.

Untuk menjangkau generasi millennial membutuhkan medium digital sebagai jembatan. Sebab itu, sesuai dengan tema IDX Channel Going Young & Digital, IDX Channel yang telah memiliki Instagram @idx_channel, YouTube IDXChannel, dan Facebook @IDX Channel, kini meluncurkan website www.idxchannel.tv.

www.idxchannel.tv adalah website terintegrasi dengan televisi (on air) dan social media (off air). Dengan kekuatan informasi berita seputar perdagangan saham, website ini juga memberikan informasi seputar kebijakan ekonomi dan aksi bisnis korporasi.

IDX Channel merupakan anak perusahaan BEI dan partner strategis OJK.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *