Pencatatan Perdana Kontrak Investasi Infrastruktur (Dinfra Toll Road Mandiri-001), di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta. Dari kiri, Menteri BUMN Rini Soemarno, Dirut Jasa Marga Desi Arryani, dan Dirut BEI Inarno Djajadi Dirut Mandiri Investasi Alvin Pattisahusiwa. (EmitenNews.com/Guruh Rachman).

DINFRA, Produk lnovatif untuk Solusi Investasi dan Alternatif lnfrastruktur Indonesia
PT Jasa Marga terus menginisiasi berbagai pendanaan baru, sejalan dengan tingginya kebutuhan investasi perseroan di sejumlah proyek

EmitenNews.com – PT Jasa Marga (Persero) Tbk (Jasa Marga) bersama PT Mandiri Manajemen Investasi (Mandiri Investasi) kembali meluncurkan produk inovatif di sektor pasar modal Indonesia. Yaitu, Kontak Investasi Kolektif Dana lnvestasi Infrastruktur atau KIK-DINFRA, guna memenuhi solusi investasi dan alternatif pembiayaan untuk pembangunan infrastruktur Indonesia.

Dalam acara pencatatan perdana Kontrak Investasi Infrastruktur (Dinfra Toll Road Mandiri-001), di Gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Senin (15/4/2019), Direktur Utama PT Jasa Marga Desi Arryani mengatakan, perseroan terus menginisiasi berbagai pendanaan baru. Hal itu sejalan dengan tingginya kebutuhan investasi perseroan pada sejumlah proyek.

Hadir dalam acara itu, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Rini Soemarno, Dirut PT Jasa Marga Desi Arryani, Dirut BEI Inarno Djajadi, dan Dirut Mandiri Investasi Alvin Pattisahusiwa.

Produk KIK DINFRA yang bernama DINFRA Toll Road Mandiri-OOI itu, pertama kali diperkenalkan saat penyerahan surat pernyataan efektif dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), pada perhelatan IMF Bank Dunia di BaIi 2018.

DINFRA Toll Road Mandiri-OOI, produk pendanaan yang diterbitkan Jasa Marga untuk menjaga kondisi keuangan Perusahaan agar tetap solid. Produk itu juga merupakan alternatif pendanaan baru di luar pendanaan yang tersedia saat ini. Tujuannya, memperluas basis investor yang berpartisipasi dalam pembiayaan infarstruktur serta dapat memperkuat struktur permodalan Jasa Marga di tengah masifnya pembangunan jalan tol.

Sejak 2017, Jasa Marga telah menerbitkan produk-produk pendanaan baru di pasar modal. Mulai dari Sekuritisasi, Project Bond, Komodo Bond, dan Reksa Dana Penyertaan Terbatas (RDPT) berbasis ekuitas.

Berdasarkan POJK No.52/POJK.04/2017, Dana lnvestasi lnfrastruktur (DINFRA) adalah wadah berbentuk kontrak investasi kolektif untuk menghimpun dana masyarakat pemodal. Sebagian besar diinvestasikan pada aset infrastruktur dalam bentuk utang dan/atau ekuitas oleh Manajer lnvestasi, dan dapat ditawarkan melalui penawaran umum maupun penawaran tebatas.

KIK-DINFRA memiliki keunggulan dibanding produk investasi lainnya. Karena, KIK-DINFRA memberikan solusi alternatif bagi investor untuk berinvestasi pada aset infrastruktur secara Iangsung atau tidak Iangsung melalui kepemilikan saham pada Perusahaan Pemilik Infrastruktur.

KlK-DINFRA Juga memberikan manfaat tambahan dalam diversifikasi portofolio pada aset infrastruktur yang belum atau sedang dalam proses pembangunan (greenfield). Termasuk yang telah menghasilkan pendapatan (brown-field) melalui sarana alternatif investasi yang berpotensi mengurangi volatilitas portofolio.

DlNFRA Toll Road Mandiri~001 merupakan produk KIK D|NFRA yang pertama kali dicatat dan diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia. Produk ini ditawarkan melalui penawaran umum sehingga dapat menjangkau investor institusi maupun retail.

Dalam skema DINFRA Toll Road Mandiri-OOI, investor menempatkan dana pada KIK DINFRA yang dikelola  Manajer lnvestasi dalam bentuk Unit Penyertaan KIK DINFRA. Dana tersebut digunakan oleh Manajer lnvestasi untuk berinvestasi pada aset infrastruktur dengan membeli saham PT Jasa Marga Pandaan Tol. pemilik konsesi ruas jalan tol GempoI-Pandaan, salah satu Anak Perusahaan PT Jasa Marga (Persero) Tbk, baik melalui pengambilan bagian atas penerbitan saham baru.

Dengan pembelian kepemilikan dari Jasa Marga pada PT Jasa Marga Pandaan tol. Mandiri Investasi bertindak sebagai manajer Investasi didukung oleh PT Mandiri Sekuritas sebagai arranger dan PT Bank Maybank Indonesia sebagai Bank Kustodian.

PT Jasa Marga Pandaan Tol adalah pengelola ruas tol Gempol-Pandaan sepanjang 13,61 KM, underlying DINFRA Toll Road  Mandiri-001. Ruas tol Gempol-Pandaan menyambungkan ruas tol Surabaya-Gempol dan ruas tol Pandaan-Malang, dengan masa konsesi 37 tahun dan telah beroperasi sejak tahun 2015. (Guruh Rachman).***

 

Check Also

RUPST PT Astrindo Nusantara Infrastruktur (BIPI) Setujui Refinancing Sebesar USD235 Juta

EmitenNews.com – Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPS-LB) PT Astrindo Nusantara Infrastruktur Tbk (BIPI) …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Login to chat with other users!
WhatsApp chat