#
Direktur Bursa Efek Indonesia Tito Sulistio Menyambangi Istana Negara, Tito Sulistio memberikan penjelasan terkait kinerja Pasar Modal dan IHSG Berpotensi ke Level 6.000. Foto:EN

Dipanggil Jokowi, Direktur BEI Tito Sulistio Jelaskan Potensi IHSG Ke Level 6000

EmitenNews – Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) yang sempat menembus rekor tertinggi 5.800 menjadi catatan tersendiri Presiden Joko Widodo terhadap kinerja Pasar Modal Indonesia. Hal ini melatari pemanggilan Direktur Utama Bursa Efek Indonesia, Tito Sulistio ke Istana Negara.

Otoritas pasar modal ini menjelaskan, pemanggilan oleh kepala Negara terkait rencana laporan perkembangan pasar modal di Indonesia.

“Pertumbuhan bursa bagaimana cara supaya bisa 6.000 (IHSG), bagaimana cara supaya bisa bantu rating bagus, laporan saja kok,” kata Tito di Komplek Istana, Jakarta, Rabu (7/6).

Tito Sulistio tiba di Komplek Istana menggunakan batik lengan panjang berwarna cokelat dan bercelana bahan berwarna hitam. Pertemuan ini berlangsung kurang lebih sekitar satu jam yang berakhir pukul 17.35 WIB.

Pembicaraan dengan Mantan Gubernur DKI Jakarta menitikberatkan pada cara-cara yang akan ditempuh dengan memastikan pasar modal sebagai salah satu instrumen yang nantinya bisa mengalir ke sektor riil. Hal ini diharapkan akan mendongkrak kinerja IHSG ke 6.000.

“Instrumen tidak langsung untuk investasi itu adalah di pasar modal. Duit yang masuk ke Indonesia supaya berputar cepat, instrumennya d pasar modal nanti larinya baru ke real sector. Beliau lihat itu, dengan instrumen yang ada bisa mengucur ke sektor riil,” jelasnya.

Selain membicarakan mengenai kinerja pasar modal,  pertemuan juga membahas mengenai penerapan aturan yang kondusif, yakni bagaimana memcniptakan kemudahan berinvestasi, hingga memperkuat broker.

Presiden Jokowi juga meminta adanya penguatan MSCI Indeks. MSCI adalah indeks yang dibuat oleh Morgan Stanley Capital Internasional untuk mengukur performa pasar di area tertentu. Indeks bentukan MSCI ini seringkali menjadi tolak ukur alias benchmark bagi investor global dan juga fund manager global.

Lanjut Tito, peningkatan porsi saham perusahaan-perusahaan Indonesia yang masuk dalam MSCI Indeks. Apalagi, Indonesia telah mendapat peningkatan rating dari lembaga pemeringkat S&P menjadi investment grade.

“Intinya Pak Presiden minta dilaporkan perkembangan kejadian di pasar. Kan saya tiap hari melihat pasar. Pak Presiden minta persoalan pasar dilaporkan. Kan banyak kejadian, misal tiba-tiba MSCI turun sedikit kan harus diupdate kenapa, gimana kita sama-sama naikkan rating. Saya bilang kita ikut perintah dari fiskal dan moneter,” pungkasnya.

 

Check Also

Masih ada Waktu bagi Pelaku UMKM Terdampak Covid-19 untuk Peroleh BLT Rp2,4 Juta
Bagi pelaku UMKM yang berminat, dipersilakan mendaftar melalui Dinas Koperasi dan UMKM daerah sesuai domisili. Di beberapa wilayah, ada juga yang membuka pendaftaran online

EmitenNews.com – Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) bergembiralah. Pemerintah memperpanjang program Bantuan Langsung …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: