#

DPR Godok Rencana Pembentukan Badan Pengawas untuk Kontrol Kinerja OJK
"Untuk OJK kita memerlukan, seperti BSBI di BI. Kami minta ada badan pengawasan, cuma bagaimana kelembagaannya kami diskusikan lebih lanjut," kata Wakil Ketua Komisi XI DPR, Fathan Subchi

EmitenNews.com – Untuk mengontrol kinerja Otoritas Jasa Keuangan (OJK), DPR menggodok rencana pembentukan badan pengawas OJK. Lembaga itu nantinya akan berfungsi seperti Badan Supervisi Bank Indonesia (BSBI), yang membantu DPR mengawasi BI untuk meningkatkan akuntabilitas.

“Untuk OJK kita memerlukan, seperti BSBI di BI. Kami minta ada badan pengawasan, cuma bagaimana kelembagaannya kami diskusikan lebih lanjut,” kata Wakil Ketua Komisi XI DPR RI, Fathan Subchi dalam webinar Pengawasan Terintegrasi Sektor Keuangan Infobank, Selasa (22/9/2020).

Menurut Fathan, pengawasan diperlukan untuk mengontrol kinerja OJK. Sebab pemerintah merasa kesulitan untuk mencegah situasi yang tidak terkontrol di pasar finansial akibat lemahnya pengawasan. Misalnya seperti kasus asuransi Jiwasraya, Wana Atha Life, Reksa Dana Minapadi, Asuransi Jiwa Kresna Life. Yang terbaru, Narada Asset Management yang merugi Rp4 trilun-Rp5 triliun.

“Pemerintah mendorong melakukan koreksi, mungkin ada yang salah dengan pasar finansial dan sistem keuangan kita. Kinerjanya (badan pengawas OJK nanti) memastikan apakah OJK melaksanakan dengan tertib, apakah ada penyimpangan di pasar finansial,” ujar Fathan.

Pembentukan lembaga pengawasan OJK, salah satu cara memperkuat peran OJK, sehingga peleburan otoritas itu ke BI menjadi tidak perlu. Memperkuat peran otoritas lembaga jasa keuangan juga bisa dilakukan dengan memberikan kewenangan lebih besar dengan memanfaatkan kerja sama antar regulator. Misalnya, menambah kewenangan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) untuk mencegah bank-bank gagal, yang bisa dideteksi bersama OJK. ***

Check Also

Pendapatan Turun, Laba Diamond Food Indonesia (DMND) Susut 36,9 Persen di Kuartal III-2020

EmitenNews.com – PT Diamond Food Indonesia Tbk (DMND) mencatat total pendapatan sebesar Rp4,44 triliun di …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: