#

Efisiensi, Perusahaan Gas Negara (PGAS) Pangkas Biaya Proyek Pipa Minyak Blok Rokan

EmitenNews.com – PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGAS) melakukan efisiensi dengan cara memangkas biaya proyek pipa Minyak Blok Rokan. Sebelumnya dana yang dianggarakan untuk proyek pipa ini sekitar USD450 juta menjadi USD300 juta. Artinya ada penurunan biaya sekitar USD150 juta.

Menurut Direktur Utama Perusahaan Gas Negara, Suko Hartono mengatakan, efisiensi biaya ini diperoleh dari optimasi dari tahapan penetapan Final Investment Decision (FID) dan proses procurement. Alhasil, ada penurunan biaya untuk proyek pipa Rokan menjadi US$300 juta.

“Hal ini merupakan upaya bersama dewan pengawas dan manajemen PGN dalam mengawal proyek pipanisasi minyak Rokan Hulu dapat berjalan efektif dan efisien ditengah tantangan ekonomi global dan pandemi,” katanya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu (16/9).

Sebagai info tambahan saja, dalam proyek ini PGN juga bersinergi dengan PT Krakatau Steel (Persero) Tbk dalam pengadaan material Pipa Minyak Blok Rokan. Saat ini PGN juga dalam proses pembangunan sejumlah proyek gasifikasi kilang Pertamina yang saat ini menggunakan BBM maupun LPG. Proyek tersebut meliputi lima lokasi kilang, yaitu program RDMP Balongan, RDMP Balikpapan, RDMP Cilacap, Kilang TPPI dan GRR Tuban.

Check Also

Pemerintah Sedang Bahas Beberapa Usulan Baru untuk Perluasan Program PEN
"Ada program perluasan Subsidi Upah untuk Guru Honorer, Perluasan Banpres Produktif dari Rp9 juta menjadi Rp15 juta, Beli Produk UMKM, dan Voucher Pariwisata," ujar Airlangga Hartarto

EmitenNews.com – Pemerintah sedang membahas beberapa usulan baru untuk perluasan program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: