Jelang RDG BI, Perbankan Minta Kenaikan Suku Bunga Acuan Opsi Terakhir

Akan Berdampak Terhadap Bisnis Perbankan

andi baco

Ekonomi Update Tuesday, 15th May 2018 4:01:19 PM • 5 months ago


EmitenNews – Jelang Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia 16-17 Mei mendatang, kalangan banker berharap bank sentral tidak menaikan suku bunga terlampau tinggi. Pasalnya kebijakan menaikkan suku bunga akan menentukan laju bisnis perbankan.

Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia diperkirakan akan menaikkan suku bunga acuan  7 Day Repo Rate guna  memperkecil tekanan terhadap nilai tukar rupiah. RDG Bank Indonesia akan mementukan seberapa besar kenaikan yang akan diambil bank sentral.

Ketua Umum Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) Maryono mengatakan, kalangan perbankan berharap kenaikan suku bunga acuan Bank Indonesia tidak terlalu tinggi.

Maryono menilai salah satu faktor kuat ialah masih sehatnya perekonomian yang diikuti dengan pembaikan pertumbuhan tahun ini. sehingga diharapkan kenaikan suku bunga acuan merupakan opsi terakhir.

“itu yang saya jelaskan, kalau dipaksa harus naik tidak terlalu besar. tapi kalau kita usahakan karena ekonomi masih baik, kita berdoa semoga tidak mengambil kenaikan bi rate,” ucap Maryono

Alasan Maryono memang sangat terlihat dalam fakta perjalanan rata rata bisnis kredit bank yang landai saat ini. Dalam 2 tahun terakhir Bank Indonesia telah agresif menurunkan suku bunga acuan, namun pertumbuhan kredit masih tetap tak beranjak naik.

Kekhawatiran kenaikan suku bunga agresif akan malah menghambat ekspansi kredit bank, diharapkan menjadi salah satu persoalan yang harus di perhatikan ke depan. Bank Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan masih optimis pertumbuhan kredit perbankan berkisar 10 persen sampai 12 persen, hal ini sesuai dengan rencana bisnis bank.

Berdasarkan data OJK Total aset perbankan per Februari 2018, tumbuh sebesar 9,25 persen secara year-on-year. Total aset perbankan mencapai Rp7,3 triliun sementara  realisasi dana pihak ketiga (DPK) perbankan yang mencapai Rp5,2 triliun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *