Engine Baru, Perdagangan Efek di BEI Sanggup Layani 15 Juta Order dan 7,5 Juta Transaksi per Hari

Perdana Aktivasi JATS NextG dengan Aplikasi X-Stream INET Hari ini

RS gen

Regulator Update, Self Regulatory Organizations (SRO) Monday, 7th May 2018 5:22:03 PM • 4 months ago


EmitenNews– Bursa Efek Indonesia (BEI) melakukan pemutakhiran sistem perdagangan efek Jakarta Automated Trading System Next Generation (JATS NextG). Perdagangan menggunakan engine baru itu dilakukan perdana hari ini (07/05).

Aktualisasi sistem perdagangan efek tersebut meliputi pemindahan pusat data perdagangan efek (Data Center) dari gedung perkantoran ke gedung khusus Data Center dengan spesifikasi tier 3. Penerapan JATS NextG itu menggunakan aplikasi sistem perdagangan X-stream INET yang telah diimplementasikan di beberapa bursa lainnya di dunia.

”Engine kita upgrade. Sesuatu yang dianggap baru. Dari sisi infrastruktur memang perlu untuk terus disempurnakan,” Direktur Utama BEI, Tito Sulistio, di gedung BEI, hari ini (07/05).

Sistem JATS NextG BEI memiliki peningkatan kapasitas order dan transaksi dari semula 5 juta order dan 2,5 juta transaksi per hari menjadi 15 juta order dan 7,5 juta transaksi per hari.

Selain itu kecepatan transaksi perdagangan saham BEI meningkat dari sebelumnya 4.000 order per detik menjadi 12.500 order per detik.

BEI telah melakukan 24 kali pengujian sistem secara menyeluruh bersama Anggota Bursa (AB) untuk memastikan sistem berjalan baik. Tentu juga melibatkan Kliring Penjaminan Efek Indonesia (KPEI), Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) dan perusahaan penyedia data perdagangan efek.

Pemutakhiran sistem perdagangan tersebut, menurut Tito, merupakan salah satu langkah dalam mencapai visi BEI sebagai Bursa kompetitif dengan kredibilitas tingkat dunia.

Sekadar informasi, Sistem Otomasi perdagangan di Bursa Efek Jakarta (BEJ) pada mulanya diterapkan dengan sistem komputer JATS (Jakarta Automated Trading Systems) pada 22 Mei 1995. Dalam rangka menjawab tantangan untuk bangkit dari krisis global, maka pada awal tahun 2009, BEI meluncurkan sistem perdagangan baru bernama JATS NextG yang memiliki kapasitas 1 juta order dan 500 ribu transaksi per hari dan mampu menangani multi products dalam single platform.

Kemudian, kapasitas sistem perdagangan JATS NextG terakhir dikembangkan dan disempurnakan kembali pada 2012 untuk mengakomodasi sebanyak 5 kali lipat jumlah order dan transaksi dibandingkan kapasitas sebelumnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *