#
Ilustrasi Kejaksaan Agung. Tujuh orang saksi periksa terkait kasus Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) dalam Importasi Tekstil pada Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Tahun 2018-2020. Para saksi itu terdiri atas enam pejabat Bea Cukai, dan seorang pengusaha, diperiksa Tim Jaksa Penyidik pada Direktorat Penyidikan Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus (Jampidsus) Kejaksaan Agung. (Dok. Okezone).

Fakta Menyakitkan, Berdasar Audit BPK, Kejagung Yakin Jiwasraya sudah Direncanakan Dibobol
Kejaksaan Agung menaksir negara merugi hingga Rp17 triliun akibat korupsi sistemik dalam tubuh perusahaan asuransi jiwa milik pemerintah tersebut. Penyidik tetapkan enam tersangka

EmitenNews.com – Fakta ini sungguh menyakitkan. Bayangkan. Berdasarkan temuan penyidik dan audit Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Kejaksaan Agung meyakini, PT Asuransi Jiwasraya (Persero) sudah direncanakan untuk dibobol. Kesimpulan menyakitkan tersebut didapat usai pihak penyidik melakukan sinkronisasi atas temuan hasil pemeriksaan dengan hasil BPK.

“Makin mengerucut dan kami yakini, memang Jiwasraya sudah direncanakan untuk dibobol,” kata Direktur Penyidikan pada Jaksa Agung Muda Pidana Khusus (Jampidsus) Febrie Adriansyah, di kantornya, Jakarta, Rabu (4/2/2020).

Febrie merujuk pada kondisi transaksi saham pada Jiwasraya yang memang didesain untuk merugi. Akibatnya, kondisi keuangan BUMN asuransi itu, terpuruk, dan gagal bayar. “Penyidik sudah sampaikan dari awal; ini by design.”

Setelah mengantongi hasil audit dari auditor negara itu, pihak Kejagung segera merampungkan hasil penyidikan. Pihak kejaksaan sedang menunggu publikasi dari BPK, sebelum nantinya melimpahkan berkas penyidikan.

Seperti diketahui Kepala Badan Pemeriksa Keuangan, Agung Firman Sampurna mengatakan pihaknya sudah mengetahui nilai kerugian Jiwasraya berdasarkan audit. Namun, ia belum dapat mengungkapkan hal tersebut kepada publik. Taksiran Kejaksaan, negara merugi hingga Rp17 triliun akibat korupsi sistemik dalam tubuh perusahaan asuransi jiwa pertama di Indonesia tersebut.

Pihak Kejaksaan Agung dalam penanganan kasus korupsi tersebut, setidaknya telah menetapkan enam orang sebagai tersangka, baik dari pihak Jiwasraya maupun swasta. Kita dorong penanganan kasus ini segera dituntaskan, agar kepercayaan terhadap bisnis asuransi jiwa tidak rusak. ***

 

Check Also

Kira-kira Ke Mana Saja Bentjok Gunakan Dana Triliunan Rupiah Hasil Korupsi Jiwasraya
Jaksa mengatakan tindakan pencucian uang oleh Benny Tjokro disamarkan dengan membeli tanah hingga jual beli saham. Itu dilakukan Benny bekerja sama dengan sejumlah pihak

EmitenNews.com – Kira-kira ke mana saja Benny Tjokrosaputro menggunakan dana triliunan rupiah hasil korupsi dari …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: