#
logo fitch

Fitch Ratings Beri Outlook Positif Peringkat Utang Indonesia

EmitenNews – Lembaga pemeringkat internasional Fitch Ratings (fitch) kembali memberikan outlook positif (BBB-) pada peringkat utang Indonesia Long Term Foreign dan Local Currency Issuer Default Rating.

Fitch dalam keterangan tertulisnya, kamis (207/2017) menyatakan, faktor kunci yang mendukung keputusan tersebut, yaitu beban utang pemerintah yang rendah, prospek pertumbuhan ekonomi indonesia, dan eksposur pemerintah yang terbatas atas risiko sektor perbankan.

Fitch juga mencatat ada dua hal yang menjadi perhatian yaitu sektor eksternal yang masih perlu diperkuat dan faktor struktural perihal tata kelola dan lingkungan bisnis yang masih perlu ditingkatkan.

Lebih lanjut, Fitch mengakui bahwa kebijakan moneter dan nilai tukar Rupiah, serta penurunan pertumbuhan utang luar negeri korporasi, sebagai dampak dari penerapan ketentuan Bank Indonesia (BI).

Lembaga pemeringkat ini mencatat adanya upside risk terhadap penerimaan Pemerintah sebagai dampak dari Tax Amnesty, aturan kewajiban pelaporan perpajakan, serta kesepakatan pertukaran data antar negara.

Fitch memperbaiki outlook sovereign credit Rating Indonesia menjadi Positive dari Stable, sekaligus mengafirmasi rating pada level BBB- pada tanggal 21 Desember 2016

 

Check Also

Masih ada Waktu bagi Pelaku UMKM Terdampak Covid-19 untuk Peroleh BLT Rp2,4 Juta
Bagi pelaku UMKM yang berminat, dipersilakan mendaftar melalui Dinas Koperasi dan UMKM daerah sesuai domisili. Di beberapa wilayah, ada juga yang membuka pendaftaran online

EmitenNews.com – Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) bergembiralah. Pemerintah memperpanjang program Bantuan Langsung …

%d bloggers like this: