#
Badan Kepegawaian Negara (BKN) telah menyelesaikan tahapan rekonsiliasi integrasi hasil Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) pada 23 Oktober 2020. Hari ini, Jumat (30/10/2020), seluruh instansi yang membuka rekrutmen CPNS akan mengumumkan hasilnya. (Dok. Lampung Post).

Hari Ini Pemerintah Umumkan Hasil Seleksi CPNS 2019, Cek Masing-Masing Instansi
Untuk mengecek pengumuman hasil CPNS 2019, para pelamar dipersilakan mengunjungi laman atau website masing-masing instansi yang membuka penerimaan CPNS 2019.

EmitenNews.com – Siap-siap. Pemerintah mengumumkan hasil seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019, Jumat (30/10/2020). Badan Kepegawaian Negara (BKN) telah menyelesaikan tahapan rekonsiliasi integrasi hasil Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) pada 23 Oktober 2020. Hari ini seluruh instansi yang membuka rekrutmen CPNS akan mengumumkan hasilnya.

Dalam keterangannya kepada wartawan, Jumat (30/10/2020), Plt Kepala Biro Humas, Hukum, dan Kerja Sama BKN Paryono mengatakan, pengumuman hasil CPNS 2019 itu, hari ini, sesuai kebijakan masing-masing instansi penyelenggara. “Jamnya masing-masing instansi yang menentukan. Kita tidak tahu.”

Untuk mengecek pengumuman hasil CPNS 2019, para pelamar dipersilakan mengunjungi laman atau website masing-masing instansi yang membuka penerimaan CPNS 2019.

Tahapan berikutnya masa sanggah pada 1-3 November 2020. Yang diperbolehkan melakukan sanggahan, peserta CPNS yang dinyatakan lolos SKD dan telah mengikuti SKB. Yang dapat disanggah oleh peserta CPNS 2019 yakni segala hal yang dapat berdampak pada perubahan hasil seleksi.

“Misalnya menurut hitung-hitungan peserta bahwa nilainya masuk rangking yang diterima sesuai formasi tapi ternyata tidak,” kata Paryono.

Untuk diketahui pengolahan hasil SKD dan SKB CPNS 2019 berpatokan pada dua hal. Pertama, pembobotan nilai SKD dan nilai SKB adalah 40 dan 60 persen. Kedua, dalam hal instansi melaksanakan SKB dengan CAT, hasil SKB dengan CAT merupakan nilai utama dengan bobot paling rendah 50 persen dari nilai SKB.

Jika hasil akhir sama, penentuan kelulusan didasarkan pada prinsip yang telah diatur dalam Peraturan Menteri PAN-RB Nomor 23 Tahun 2019. Intinya, mengatur tentang Kriteria Penetapan Kebutuhan Pegawai Negeri Sipil dan Pelaksanaan Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil Tahun 2019.

Prinsip dan penentuan kelulusannya adalah: Nilai total hasil SKD yang lebih tinggi. Jika nilai SKD masih sama, penentuan kelulusan akhir didasarkan secara berurutan mulai dari Tes Karakteristik Pribadi (TKP), Tes Intelegensi Umum (TIU), dan Tes Wawasan Kebangsaan (TWK).

Apabila nilai tersebut masih sama, penentuan kelulusan akhir didasarkan pada nilai IPK bagi lulusan Diploma/Sarjana/Magister. Sedangkan untuk lulusan SMA/Sederajat berdasarkan nilai rata-rata yang tertullis di ijazah.Apabila nilai masih sama, penentuan kelulusan didasarkan pada usia tertinggi.

“Peserta yang dinyatakan lulus seleksi CPNS Formasi Tahun 2019 diarahkan melakukan pemberkasan secara digital melalui akun masing-masing peserta di https://sscn.bk.go.id dengan mengisi Daftar Riwayat Hidup (DRH) dan mengunggahnya bersama dokumen lain yang diminta dalam proses pemberkasan,” ujar Paryono dalam keterangan tertulisnya, Kamis (29/10/2020).

Berdasarkan Peraturan Badan Kepegawaian Negara Nomor 14 Tahun 2018 tentang Petunjuk Teknis Pengadaan PNS, peserta yang lolos CPNS harus melampirkan persyaratan yang diunggah pada website tersebut.

Lampiran berkas yang diunggah ini akan digunakan sebagai dasar pengusulan Nomor Induk Pegawai (NIP). Penetapan NIP ini, 1-30 November 2020. Sedangkan, Terhitung Mulai Tanggal (TMT) CPNS 2019 direncanakan per 1 Desember 2020. ***

 

Check Also

Ini Memang Masih Mungkin, 10 Tahun Lagi PNS tidak ada Lagi
Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN), Bima Haria Wibisana: penerapan kerja dari rumah sejak menyebarnya virus corona memang banyak mengubah cara kerja pegawai

EmitenNews.com – Ini memang masih mungkin. Penerapan work from home (WFH) selama masa pandemi Covid-19 …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: