#

Hingga Akhir 2017, Multistrada Arah Sarana Memperkirakan Masih Rugi

Emitennews.com – Kenaikan bahan baku utama ban dan rencana pelunasan utang kepada perbankan membuat beban operasional PT Multistrada Arah Sarana Tbk (MASA) membengkak. Oleh sebab itu hingga kuartal I 2017 produsen ban tersebut masih mencatatkan rugi bersih Rp4,1 miliar. Kondisi itu akan berlanjut hingga akhir tahun.

“Laba/rugi tahun 2017 diperkirakan masih tidak jauh berbeda dengan tahun 2016, namun kami usahakan akan lebih baik ketimbang tahun 2016,” kata Wakil Presiden Direktur MASA, Sukarman di gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Jumat(9/6/2017).

Ia menjelaskan bisnis ban tergolong unik, sebab pada saat bahan baku naik maka tidak bisa serta merta harga jual ban naik, namun pada saat bahan baku turun maka harga jual segera turun. Sementara itu, harga karet naik menjadi US$2 per ton pada kuartal I 2017, sedang harga bahan baku pada tahun 2013 hanya US$1,5 per ton.

“Sementara harga jual ban tujuan ekspor hanya 5% dan harga jual ban untuk pasar domestic naik 5%-7%,” ujar dia.

Sukirman juga menyampaikan target penjualan tahun 2017 tumbuh 10 % dibanding tahun 2016. Namun demikian Multistrada khawatir akan kebijakan Pemerintah Amerika Serikat terkait masuknya Indonesia dalam daftar Negara Negara mencatatkan surplus perdagangan dengan Amerika Serikat.

“Semoga tidak ada tekanan dari kebijakan pemerintah Amerika Serikat,” Harap dia.

Untuk diketahui, 65 persen penjualan ban perseroan untuk tujuan ekspor dan Amerika Serikat menjadi tujuan ekspor utama. Sedangkan penjualan tujuan domestic hanya 35%.

Check Also

Jangan Ragukan Penunjukan Ulin Yusron Sebagai Komisaris Independen ITDC
"Ulin ini kan berpengalaman di media ya. Mungkin kamu nggak pernah tau juga kalau dia itu adalah pendiri Berita Satu. Berita Satu itu yang buat dia, sebelum dibeli oleh Lippo," ujar Arya Sinulingga

EmitenNews.com – Jangan ragukan penunjukan Ulin Ni’am Yusron sebagai Komisaris Independen PT Pengembangan Pariwisata Indonesia …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: