#
Indonesia Bond Pricing Agency (IBPA) Memprediksi Penerbitan Obligasi hingga akhir 2017 sebesar Rp130 Triliun

IBPA Prediksi Nilai Emisi Obligasi 2017 Capai Rp130 T

EmitenNews – Indonesia Bond Pricing Agency (IBPA) memprediksikan hingga akhir tahun 2017 total nilai emisi penerbitan obligasi akan mencapai Rp130 triliun.

Hal ini ditopang emiten-emiten BUMN disektor kontruksi yang berpotensi menerbitkan obligasi untuk pendanaan pembangunan proyek pemerintah.

Indonesia bond pricing agency menilai, disemester kedua tahun ini, outlook penerbitan obligasi akan semakin banyak, diperkirakan total nilai emisi untuk penerbitan obligasi korporasi bisa mencapai Rp130 triliun.

Kondisi perekonomian Indonesia yang cukub baik ditambah dengan adanya pemberian rating layak investasi dari lembaga pemeringkat, disinyair bisa mendorong capital inflow masuk kedalam negeri.

Direktur IBPA Wahyu Trenggono menjelaskan, tahun lalu nilai emisi untuk penerbitan obligasi hanya sebesar Rp110 triliun. Saat ini dengan adanya upgrade rating invesment indonesia membuat keuntungan sendiri bagi emiten dalam menerbitkan obligasi.

“Jadi kita bisa berharap bahwa angka penerbitan obligasi korporasi tahun ini dibanding tahun lalu mungkin akan lebih tinggi. Kalau tahun lalu angkanya ada Rp110 triliun kita berharap bisa Rp130 triliun”ujar Wahyu Trenggono di Jakarta, Jumat (7/7).

Lebih lanjut wahyu menambahkan untuk tahun ini emiten yang akan menerbitkan obligasi lebih meningkat dibanding tahun lalu. Jika sebelumnya sekitar 60% didominasi lembaga keuangan, tahun ini komposisinya akan berubah.

“Akan ada emiten kuda hitam seperti infrastruktur yang akan banyak menerbitkan obligasi dikarenakan mereka harus mendapatkan pendanaan untuk membantu pemerintah dalam membangun infrastruktur,” pungkas Wahyu Trenggono.

Check Also

Net Sell Rp31 Miliar, IHSG Turun 0,38 Persen. Saham TLKM, BBRI dan UNTR Yang Dijual Asing di Sesi I

EmitenNews.com – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di BEI hingga akhir sesi I perdagangan saham …

%d bloggers like this: