Imbas Aksi Teror Bom, Pariwasata Tidak Berdampak Signifikan

Meski Sejumlah Negara Terapkan Travel Advice Bagi Warganya

andi baco

Ekonomi Update, Sektor Riil Wednesday, 16th May 2018 6:13:29 PM • 4 days ago


EmitenNews – Kementerian Pariwisata menilai travel advice yang dikeluarkan sejumlah Negara seperti Amerika Serikat, Australia dan Inggris tidak akan berdampak signifikan terhadap pariwisata Indonesia. Terlebih pemerintah meningatkan pengamanan disejumlah objek Wisata dan hotel di Indonesia.

Manteri Pariwisata Arief Yahya menilai meski sejauh ini beberapa negara seperti Inggris, Australia dan Amerika Serikat sudah mengeluarkan travel advice bagi warganya yang mau berwisata ke indonesia, terkait peristiwa bom di Surabaya dan Riau.

Arief memastikan  travel advice hanya bersifat imbauan saja tapi tidak melarang wisatawan negara tersebut untuk dating. Demi menjaga kepercayaan wisatawan, kementerian pariwisata juga telah berkoordinasi dengan pihak keamanan demi mengamankan objek wisata dan meningkatkan keamanan hotel.

Kami harus mengumumkna wisatawan, itu memang kewaiban dari Kementerian Pariwisata di seluruh dunia apapun yang terjadi di negaranya,” ucapnya Arief Yahya.

Arief mengaku tetap menghargai negara negara yang mengeluarkan travel advice sebab itu adalah tanggung jawab sebuah negara kepada warganya, namun dia juga berharap travel advice tidak terlalu berdampak pada turis asing yang akan berkunjung ke Indonesia.

Direktur Utama PT Hotel Indonesia Natour Persero Iswadi Said mengatakan,darihasil pembukuan, calon tamu di seluruh hotel milik pemerintah baik itu di kota surabaya maupun di kota destinasi wisata seperti di wilayah Bali masih berjalan normal. Belum ada pembatalan.

“berdasarkan pembukuan per hari ini, tadi pagi saya cek blm ada pembatalan baik di bali maupun juga di surabaya dan kota kota lain dmn hotel indonesia natour berada. ya mudah-mudahan dampaknya tidak ada kepada pariwisata,” ucap Iswadi Said.

Iswadi said menambahkan aksi terorisme yang sudah terjadi sejak tahun tahun sebelumnya di beberapa wilayah indonesia  dipastikan tidak sama sekali mengganggu trend okupansi hotel secara menyeluruh. Kementerian Pariwisata menargetkan 17 juta wisatawan asing berkunjung ke Indonesia naik 20 persen dibanding 2017. Sementara  wisatawan domestik sebanyak 270 juta orang.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *