#

Indo Premier Luncurkan reksa dana (ETF) Berbasis IDX Pefindo i-Grade

EmitenNews – PT Indo Premier Investment Management (IPIM) meluncurkan reksa dana bursa (ETF) berbasis IDX Pefindo i-Grade yang terdiri atas 30 saham berperingkat kredit layak investasi.

Menurut Direktur PT Bursa Efek Indonesia (BEI) I Gede Nyoman Yetna, reksa dana bursa XIPI yang diterbitkan Indopremier ini merupakan ETF yang ke-11. “Produk yang kami kasih nama XIPI ini menambah jumlah menjadi 24 ETF. Tahun ini merupakan yang terbanyak,” katanya di Gedung BEI Jakarta, Jumat (21/12).

Nyoman mengatakan, ETF berbasis Indeks Pefindo i-Grade tersebut diberi nama Reksa Dana indeks Premier ETF Pefindo i-Grade yang unit penyertaannya bisa diperdagangkan pada jam perdagangan BEI. “ETF ini akan fokus pada 30 saham yang ada di Indeks Pefindo i-Grade,” ucapnya.

Di tempat yang sama, Direktur Utama Indo Premier Investment Management (IPIM), Diah Sofiyanti mengatakan, selama kurun sebelas tahun keberadaan ETF di Indonesia, lndo Premier Investment Management sebagai perintis yang meluncurkan ETF.

“Sebelumnya, kami telah meluncurkan sepuluh ETF yang dikenal sebagai Premier ETF. Sembilan ETF kami berbasis saham dan satu ETF berbasis Surat Berharga Negara (SBN),” ujar Diah.

Dia menyebutkan, XIPI sebagai reksa dana ETF yang ke-11 memiliki Unit Penyertaan (UP) awal sebanyaak 31,6 juta UP dengan 316 Unit Kreasi dan memiliki Nilai Aktiva Bersih (NAB) Rp160 per UP.

“Sebagai pengelola reksa dana ETF terbesar di Indonesia, kami terus menggali ide-ide produk baru yang memberikan kemudahan bagi investor,” ujar Diah.

Dia menjelaskan, Premier ETF tidak hanya mudah dalam pelaksanaan eksekusi, namun juga memberikan kemudahan bagi investor dalam penyusunan portfolio. “Karena, strategi tiap-tiap ETF kami sangat mudah dimengerti dan mudah dipantau,” imbuhnya.

Diah menegaskan, XIPI merupakan ETF indeks pertama di Indonesia yang menggunakan tema peringkat kredit layak investasi. “Produk ini memiliki komposisi portofolio saham-saham investment grade yang tercermin di Indeks Pefindo i-Grade,” jelas Diah.

Lebih lanjut Diah menambaahkan, di tengah kondisi pasar yang sangat dinamis, ETF bisa dijadikan alternatif instrumen investasi bagi investor. Selain itu, lanjut Diah, ETF bisa memberikan transparansi optimaal dari isi portofolio serta memberi keleluasaan bagi investor untuk bertransaksi sepanjang jam bursa.

”Hanya dengan satu klik atau satu order, investor dapat memiliki portofolio 30 saham unggulan yang memiliki peringkat investment grade dari Pefindo dengan rating idAAA sampai idBBB-,” paparnya.

Menurut Diah, sejauh ini kinerja ETF  mampu melebihi kinerja imbal hasil indeks LQ45 dan IHSG sejak tanggal dasar indeks 28 Desember 2012. “Investor dapat meningkatkan atau menurunkan porsi saham bertema faktor investment grade ini dengan cepat secara mudah sesuai dengan strategi investasi yang investor ingin terapkan,” ujarnya.

Pada peluncuran produk ini, Indo Premier Investment Managemen kembali menggandeng Deutsche Bank AG Cabang Jakarta sebagai bank kustodian dan PT Indo Premier Sekuritas sebagai Dealer Partisipan.

Check Also

Pasca Banjir, XL Jaga Layanan Tetap Beroperasi Dengan Melakukan Rekayasa Jaringan dan Mobilisasi Genset

Emitennews – (Plt) Chief Teknologi Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa ( kiri ) bersama …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: