#
Agus Martowardojo, Komisaris utama Tokopedia, dan PT Bank Negara Indonesia. (Dok. Inews.id).

Ini Kepercayaan Diri Agus Martowardojo, Pegang Dua Posisi Komut Tetap Yakin Bisa Jalankan Tugas
Menjabat Komisaris Utama Tokopedia sejak 10 Januari 2019, mantan Gubernur Bank Indonesia ini dilantik sebagai Komisaris Utama Bank BNI, Kamis (20/2/2020)

EmitenNews.com – Ini kepercayaan diri Agus Martowardojo. Mantan Gubernur Bank Indonesia itu berkeyakinan tetap bisa menjalankan tugasnya dengan baik sebagai Komisaris Utama PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, meski saat yang sama juga masih mengisi posisi Komut Tokopedia, sejak 10 Januari 2019. Menteri BUMN Erick Thohir menunjuk Menteri Keuangan 2010-2013 itu, menjadi Komisaris Utama BNI, Kamis (20/2/2020).

Dalam keterangannya kepada pers, yang dikutip Minggu (23/2/2020), Agus Martowardojo mengatakan, dua jabatan yang diisinya tidak menghambat dalam menjalankan fungsi serta tugasnya. Ia merasa posisi sebagai komut itu, masing-masing di tempat berbeda, bidang perbankan, dan marketplace.

“Sudah pasti karena bidang usahanya beda, yang satu perbankan sedangkan yang satu di bidang marketplace. Sesuatu yang harus kita yakini, agar tidak terjadi posisi konflik. Jadi, semua sudah sesuai fungsi-fungsi utama dari kedua institusi,” jelasnya.

Kendati demikian, jabatan komisaris yang berfungsi sebagai pengawas terhadap kegiatan operasional perusahaan akan terus difokuskan. Begitu pula dengan tugas direksi yang menjadi bagian pengawasan oleh komisaris. Agus berjanji senantiasa menjaga agar good coperate governance berjalan. Ia akan memberikan nasehat kepada direksi agar menjalankan kegiatannya sesuai visi dan sebagaimana diamanatkan anggaran dasar perusahaan.

Yang terpenting, aturan serta perlindungan kepada konsumen terus ditingkatkan. Pasalnya, Agus melihat, kedua perusahaan yang diawasinya tak luput dari konsumer. “Tentu kita ingin selalu jaga, perlindungan terhadap konsumen untuk meyakinkan kedua institusi ini bisa menjalankan fungsinya dan senantiasa bisa menjaga kepentingan konsumennya.”

Bagi pihak Tokopedia, tidak ada persoalan atas pengangkatan Agus Martowardojo itu sebagai Komut Bank BNI. External Communications Lead Tokopedia Ekhel Chandra Wijaya menegaskan, Agus Martowardojo masih tetap menjabat di Tokopedia dan masih tergabung dalam jajaran dewan komisaris.

Kepada pers, di Hotel Pasific Place, Jakarta, Kamis (20/2/2020), Menteri BUMN Erick Thohir mengaku menaruh harapan tinggi kepada Agus. Ia menanti gebrakan Agus dalam memantau kinerja direksi BNI. Pemilihan Agus Marto sebagai Komisaris Utama BNI tak lepas dari latar belakangnya. Bagi Erick, masuknya Agus ke BNI jelas hal luar biasa.

“Ini reformasi di BUMN. Ketika figur-figur besar seperti Pak Agus Marto mau membantu kami sebagai Komut BNI, bekas Gubernur BI dan eks menteri keuangan, itu sesuatu yang luar biasa,” ujar Erick Thohir. ***

 

Check Also

Dampak Covid-19, Ini Yang Akan Dilakukan Fajar Capital (SFAN) Kedepan

EmitenNews.com- Perusahaan yang bergerak dalam bidang investasi, jasa, konsultasi manajemen PT Surya Fajar Capital Tbk …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: