Investor Publik dengan Porsi Kepemilikan Saham Lebih dari 5 Persen Mencapai 1.113 Nama

RS gen

Regulator Update, Self Regulatory Organizations (SRO) Friday, 11th May 2018 8:37:01 AM • 3 months ago


EmitenNews– Jumlah investor publik dengan kepemilikan di atas 5 persen atas saham emiten mencapai lebih dari 1.000 nama. Campuran atas nama pribadi (perorangan) dan badan hukum.

Data Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) seperti dilaporkan ke Bursa Efek Indonesia (BEI) mencatat itu per 8 Mei 2018. Kepemilikan efek di atas 5 persen berdasarkan Single ID (SID) publik persisnya mencapai 1.113 nama.

Dalam laporan berjumlah 23 halaman tersebut kepemilikan investor dengan porsi mayoritas non pengendali itu didominasi Warga Negara atau berbadan hukum Indonesia.

Direktur Utama BEI Tito Sulistio mengatakan jumlah investor publik terutama dari domestik memang terus meningkat. ”(sekitar) 54 persen (kontribusi investor) ritel terhadap total transaksi. Velocity mencapai 220 persen,” ungkapnya, awal pekan ini.

Peran investor ritel domestik juga signifikan dalam menghadapi kondisi pasar saat ini. Tidak lagi terlalu terpengaruh dan tergantung pada aktivitas investor asing.

Terlebih, investor asing saat ini memang sedang dalam posisi aksi jual di pasar saham Indonesia. Secara year to date sampai 9 Mei 2018 investor asing melakukan penjualan bersih (foreign net sell) sebesar Rp37,182 triliun.

Meski begitu Tito meyakini bahwa dana investasi investor asing di pasar modal Indonesia sebenarnya tidak hengkang. “Diparkir” sejenak terutama di pasar obligasi terutama menghadapi kondisi nilai tukar (kurs).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *