#
Ilustrasi kantor Jiwasraya. (Dok. Asuransi Jiwasraya).

Kasus Korupsi Jiwasraya, Kejaksaan Agung Sita Rp53 Miliar Fee Manajer Investasi
Sebelumnya, Kejagung menyita aset para tersangka, mulai dari mobil hingga apartemen. Kini, giliran fee terhadap manajer investasi ikut disita

EmitenNews.com – Penyitaan aset terkait kasus PT Asuransi Jiwasraya (Persero) berlanjut. Kali ini Kejaksaan Agung menyita aset manajer investasi, yang diduga berasal dari fee kasus korupsi Jiwasraya. Jumlah aset fund management fee yang disita seluruhnya Rp53,5 miliar. Sebelumnya, Kejagung menyita aset para tersangka, mulai dari mobil hingga apartemen. Kini, giliran fee terhadap manajer investasi ikut disita.

“Penyitaan terhadap pengembalian uang jasa manajer investasi atau fund management fee dengan jumlah seluruhnya Rp53.543.825.501,” kata Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejagung Hari Setiyono, di Jakarta, Jumat (13/3/2020).

Hari Setiyono belum merinci uang fee tersebut didapat oleh manajer investasi mana saja. Yang jelas, manajer investasi kerap ke Gedung Bundar Kejaksaan Agung, di Jakarta Selatan, untuk diperiksa sebagai saksi.

Penyitaan tersebut karena diduga ada keterkaitan dengan para tersangka yang sudah ditetapkan penyidik Kejagung.
 Mereka, Direktur Utama PT Hanson International Tbk Benny Tjokrosaputro, Komisaris Utama PT Trada Alam Minera Heru Hidayat, Direktur Keuangan Jiwasraya periode Januari 2013-2018 Hary Prasetyo.

Tersangka lainnya, Direktur Utama Jiwasraya periode 2008-2018 Hendrisman Rahim, mantan Kepala Divisi Investasi dan Keuangan Jiwasraya Syahmirwan serta Direktur PT Maxima Integra, Joko Hartono Tirto.

Penyitaan tak hanya menyentuh harta, atau aset para tersangka, dan fee terhadap manajer investasi. Pemilik rekening efek yang diblokir hingga persidangan juga kabarnya terkena penyitaan, diantaranya saham.

Direktur Penyidikan pada Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus Kejaksaan Agung (Jampdisus Kejagung) Febrie Adriansyah menyebut Kejagung sudah menilai pemilik rekening yang tidak diblokir indikasinya terlibat, sehingga akan langsung disita.

Febrie memastikan, kalau dalam persidangan mereka bisa membuktikan harta, aset, atau fee yang disita itu tak terkait kasus korupsi Jiwasraya, pasti akan dikembalikan kepada yang berhak. ***

 

Check Also

Kira-kira Ke Mana Saja Bentjok Gunakan Dana Triliunan Rupiah Hasil Korupsi Jiwasraya
Jaksa mengatakan tindakan pencucian uang oleh Benny Tjokro disamarkan dengan membeli tanah hingga jual beli saham. Itu dilakukan Benny bekerja sama dengan sejumlah pihak

EmitenNews.com – Kira-kira ke mana saja Benny Tjokrosaputro menggunakan dana triliunan rupiah hasil korupsi dari …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: