#
Sambut Ramadan dan Idul Fitri 1438 Hijriah Sejumlah Emiten Perbankan Siapkan Uang Tunai di Mesin ATM

Emiten Perbankan Ramai-ramai Gelontorkan Dana di Mesin ATM

Emitennews.com – Meski Idul Fitri 1438 Hijriah masih tiga pekan lagi, namun sejumlah emiten perbankan telah menyiapkan dana tambahan mengantisipasi kebutuhan tarik tunai di mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM). Bank Sentral memperkirakan kebutuhan dana untuk ramadhan dan Idul Fitri mencapai Rp239 Triliun.

Bank Indonesia memperkirakan kebutuhan uang tunai masyarakat dalam merayakan Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri tahun ini meningkat sekitar 14% menjadi Rp167 triliun dari kebutuhan pada bulan puasa dan Lebaran tahun lalu.

Gubernur Bank Indonesia Agus DW Martowardojo mengatakan, Bank Sentral telah mencukupi kebutuhan itu dengan menyiapkan dana cadangan senilai Rp239 triliun. Kebutuhan dana tunai tahun ini lebih tinggi dari tahun sebelumnya karena hari libur lebih panjang, yaitu dari 6 hari menjadi 9 hari.

“minat masyarakat menarik dananya tahun ini cukup tinggi karena adanya uang jenis baru yang diterbitkan Bank Indonesia di awal tahun ini. Peningkatan kebutuhan dana tunai juga sudah diantisipasi oleh perbankan nasional.”ucap Agus Martowardojo

Beberapa bank milik pemerintah jauh-jauh hari telah menyiapkan dana untuk memenuhi kebutuhan masyarakat melalui ATM, sebut saja PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI) menyediakan dana tunai senilai Rp67 triliun, meningkat 7% dari tahun lalu. Sebanyak Rp45 triliun dari dana ini ditarik dari kas internal perusahaan dan sisanya senilai Rp22 triliun dipinjam dari Bank Indonesia.

Emiten bank lain, yaitu PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) menyiapkan Rp23,5 triliun atau sekitar Rp1,1 triliun per hari. Angka ini ditambah 10% dari alokasi dana pada Ramadhan dan Lebaran tahun 2016. Sebanyak 85% didistribusikan melalui mesin ATM dan sekitar 15% dari kantor cabang.  Sebayak 40% dialokasikan di Jabodetabek dan 60% di kota lain di seluruh Indonesia.

Sementara itu, PT Bank Rakyat Indonesia TBk (BBRI) menyiapkan dana siaga selama Puasa dan Lebaran 25% lebih besar dari hari biasa menjadi Rp23 triliun. Sedangkan, PT Bank Tabungan Negara (BTN) menyediakan uang tunai tambahan sebanyak Rp200 miliar hingga Rp400 miliar.

Tidak hanya emiten perbankan dari kelompok Badan Usaha Milik Negara, bank swasta seperti PT Bank Central Asia Tbk (Bank BCA) dan MNC Bank juga menyiapkan dana untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

BCA menyediakan dana tunai senilai Rp 44 triliun pada Puasa dan Lebaran tahun ini. Sebanyak Rp37 triliun dana tunai berasal dari kas internal perusahaan dan sisanya sekitar Rp7 triliun ditarik dari Bank Indonesia.

Demikian juga dengan PT Bank MNC Internasional Tbk (BABP) yang meningkatkan uang tunai tambahan selama Puasa dan Lebaran tahun ini sebesar 20%-30% dari hari biasa untuk melayani sekitar 200 ribu nasabah.

Check Also

Jangan Ragukan Penunjukan Ulin Yusron Sebagai Komisaris Independen ITDC
"Ulin ini kan berpengalaman di media ya. Mungkin kamu nggak pernah tau juga kalau dia itu adalah pendiri Berita Satu. Berita Satu itu yang buat dia, sebelum dibeli oleh Lippo," ujar Arya Sinulingga

EmitenNews.com – Jangan ragukan penunjukan Ulin Ni’am Yusron sebagai Komisaris Independen PT Pengembangan Pariwisata Indonesia …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: