Kemenkeu, Peran Swasta Dorong Perekonomian Nasional

andi baco

Makro & Moneter, Rumor Wednesday, 20th December 2017 6:43:04 PM • 5 months ago


Emitennews – Kementerian Keuangan optimis kinerja swasta khususnya di sektor properti tahun depan masih positif, kendati masih dibayangi konstelasi politik jelang pemilihan kepala daerah 2018 dan pemilihan presiden di 2019.

Kepala Pusat Kebijakan Makro Kementerian Keuangan Adriyanto optimistis sektor swasta masih memberikan kontribusi terhadap perekonomian, hal ini tercermin dari sejumlah regulasi yang digulirkan oleh pemerintah yang pro swasta .

Kestabilan ekonomi domestik masih bisa bertahan di level 5 persen merupakan prestasi yang patut dibanggakan karena peran swasta yang hadir menggerakan pemerataan ekonomi nasional.

“sisi kebijakan fiskal dan moneter, kami liat bahwa konfiden dan kepastian itu perlu ada di sektor swasta supaya mereka mau bergerak, salah satu peran pemerintah memberikan kepastian ini bahwa kedepan kebijakan pemerintah yang akan dilaksanakan beberapa hal yang akan digunakan untuk mendorong kegiatan sektor swasta,” ucap Adriyanto, Rabu (20/12/2017).

Jika mengacu utang luar negeri indonesia akhir oktober 2017 tercatat USD 341,5 miliar,  tumbuh 4,8 persen dibanding bulan yang sama tahun lalu. Bank indonesia menyebutkan kenaikan utang terjadi diantaranya di sektor swasta yang tumbuh 1,3 persen. sejumlah praktisi ekonomi menganggap kenaikan utang swasta yang tumbuh tipis menandakan sektor swasta menambah kapasitas produksi.