Kementerian Perhubungan Nilai Maskapai Penerbangan Kurang Sosialisasi pada Masyarakat

Dirjen Perhubungan Udara Polana B Pramesti: pentingnya pengguna jasan dapat penjelasan agar tak ada kehebohan

M Nasir

Ekonomi Update, Makro & Moneter Tuesday, 12th February 2019 9:29:52 AM • 6 days ago


EmitenNews – Kementerian Perhubungan menilai maskapai penerbangan belum maksimal menjelaskan kepada masyarakat terkait harga tiket mahal, dan kebijakan pencabutan fasilitas bagasi gratis. Mereka diminta lebih aktif menjelaskan ke publik tentang isu yang dianggap sudah menimbulkan kegaduhan, dan mendapat sorotan khalayak luas tersebut.

Demikian informasi yang dikumpulkan dari sejumlah sumber sampai Selasa (12/2/2019). Minimnya penjelasan, dan informasi yang diperoleh masyarakat, atau pengguna jasa penerbangan menjadi pangkal persoalan selama ini.

Kepada pers, di Tangerang, Banten, Minggu (10/2/2019), Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Polana B Pramesti mengatakan, pentingnya pengguna jasa mendapat penjelasan, dan sosialisasi agar tak lagi muncul kehebohan.

“Akhir-akhir ini terjadi kegaduhan. Sebenarnya, menurut pendapat saya, pengguna jasa kurang mendapat penjelasan dan sosiasilasi,” kata Dirjen Perhubungan Udara, Polana B Pramesti.

Minimnya penjelasan dan informasi yang diperoleh masyarakat itulah pangkal persoalan selama ini. Akibatnya, timbul pandangan kurang baik kepada perusahaan maskapai penerbangan terkait kebijakan itu. Itulah yang harus dicermati dan diantisipasi manajemen maskapai di Tanah Air, agar masalahnya tak berlarut-larut sampai menimbulkan kehebohan tersendiri.

Di era perkembangan teknologi informasi yang demikian massif, mestinya tidak ada kendala berarti bagi manajemen maskapai untuk mensosialisasikan kebijakannya. Jika tarif atau harga tiket naik, manajeman maskapai penerbangan harus menjelaskan kepada publik, apa alasan dan dasar kuat sampai kebijakan itu yang diambil.

“Akhirnya, masyarakat menjadi tahu secara gamblang. Jadi, harus diberikan penjelasan, komponen apa saja yang memengaruhi atau factor penyebab naiknya harga tiket,” ujar Polana.

Penjelasan gamblang, dan tuntas atas segala kebijakan yang diambil maskapai penerbangan memang diperlukan. Pasalnya, keputusan menaikkan harga tiket pesawat, dan penghapusan fasilitas bagasi gratis, ternyata menimbulkan dampak luas. Tidak saja menurunkan jumlah penumpang, tetapi juga berperan besar dalam melemahnya sektor wisata bahkan inflasi ekonomi. ***

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *