#
Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro menyalami salah satu pembicara, usai seminar outlook Pasar Modal 2018 di Gedung BEI Jakarta, Kamis (14/12)

Kepala Bappenas: Pemindahan Ibu Kota Akan Libatkan Pendanaan Swasta

Emitennews.com – Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Bambang Brodjonegoro, mengtakan hasil kajian tentang pemindahan ibukota akan diserahkan kepada Presiden Jokowi pada akhir tahun ini.

Sampai saat ini Pemerintah terus melakukan kajian mengenai rencana pemindahan ibukota. Jika disetujui, pemerintah akan bekerja sama dengan pihak swasta untuk skema pendanaan pembangunan ibukota baru.

“Swasta kita libatkan, kan kita sudah punya sistem kerja sama pemerintah dengan badan usaha ya kita kembangkan,” ungkap Bambang dI Gedung Bursa Efek Indonesia, Sudirman, Jakarta Selatan, Kamis (14/12/2017).

Ditambahkan hasil kajian dibawa ke presiden, akhir tahun ini kita selesaikan segera, tentunya nanti pak presiden akan berdiskusi dengan kami.

Namun dirinya masih belum menyebut secara gamblang di mana lokasi yang akan dijadikan ibukota baru tersebut. Bambang memastikan ada tiga lokasi yang berpotensi menjadi ibukota dan semuanya berada di luar Pulau Jawa.

“Pokoknya saya tetep pada posisi mau berapa lokasi tapi yang penting di luar Jawa,” jelas dia.

Bambang menambahkan, estimasi biaya yang diperlukan terkait pembangunan ibukota baru dari hasil kajian tersebut bisa lebih dari Rp 1 triliun.

Sebagaimana diketahui, salah satu alasan yang menjadi pertimbangan pemerintah memindahkan pusat pemerintahan karena adanya penumpukan di Jakarta. Mengingat, saat ini, Jakarta menjadi pusat pemerintahan, pusat ekonomi, pusat perdagangan, sekaligus pusat jasa keuangan.

“Nantinya Jakarta tetap berfungsi sebagai pusat bisnis,” pungkas dia.

Caption: Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Bambang Brodjonegoro di Gedung BEI.

Check Also

BI Lihat Daya Beli Masyarakat Masih Terjaga, Bisa Menopang Pertumbuhan Konsumsi
Gubernur BI Perry Warjiyo: saat ini, hampir 60 persen dari konsumsi rumah tangga, masih akan stabil dan menjadi daya dukung pertumbuhan ekonomi

EmitenNews.com – Bank Indonesia melihat daya beli masyarakat masih terjaga. Bahkan, bisa menopang pertumbuhan konsumsi …

%d bloggers like this: