Kepemilikan Edwin Soeryadjaya di Tempo Kalah Besar Dibanding Perusahaan Asing

Jos Klueniy

Emiten Update Friday, 5th January 2018 6:19:44 PM • 1 year ago


EmitenNews – Kepemilikan Edwin Soeryadjaya di PT Tempo Inti Media Tbk (TMPO) setelah aksi korporasi right issue sebesar 1,57 persen. Kepemilikan lebih tinggi di antara para pemilik baru saham media itu justru perusahaan berbadan hukum asing mencapai 2,36 persen.

Dalam prospectus right issue TMPO tercatat Edwin Soeryadjaya, PT Sukses Perdana Mandiri, PT Sinar Ganda Jaya akan memiliki porsi sama yaitu sebesar 1,57 persen di TMPO. PT Surya Citra Media Tbk (SCMA) lebih kecil yaitu 0,79 persen dan Erika Agatha Martono 0,003 persen.

Kepemilikan lebih besar justru perusahaan berbadan hukum asing, Burlingham International Ltd mencapai 2,36 persen.

Seluruh pemegang saham baru TMPO itu mendapatkan hak menyerap sebagian saham baru diterbitkan dalam rangka penawaran dengan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD) dari Yayasan Tempo 21 Juni 1994. Sebab salah satu pemegang saham utama TMPO itu menyatakan tidak akan melaksanakan haknya.

Sementara pemegang saham lainnya, yakni PT Grafiti Pers, PT Jaya Raya Utama, dan Yayasan Jaya Raya akan tetap melaksanakan haknya dalam right issue tersebut.

Setelah rights issue, Grafiti Pers akan menjadi pemegang saham dengan porsi terbesar yakni 24,28 persen.

Yayasan Tempo 21 Juni 1994 yang sebelumnya merupakan pemilik saham terbesar dengan porsi 25,01 persen akan berkurang menjadi 17,13 persen. Sedangkan porsi pemilik lainnya tidak akan berubah kecuali seluruh HMETD yang ditawarkan tidak diambil bagiannya oleh pemegang saham Perseroan.(MRR)