#
Ilustrasi prouk Swiss Stadler Rail. Kerja sama antara PT Kereta Api Indonesia dan PT INKA dengan Stadler, produsen gerbong kereta api kelas dunia asal Swiss itu, segera membangun kantor cabang Asia dan Oseania di Indonesia. (Dok. Railway PRO).

Kerja Sama dengan PT KAI dan INKA, Swiss Stadler Rail Segera Bangun Kantor di Indonesia
Ini wujud nyata BUMN go international. Goalnya PT Kereta Api Indonesia (KAI) berperan di kancah global. Targetnya perusahaan negara Indonesia menjadi pemain di tingkat dunia

EmitenNews.com – Ini wujud nyata BUMN go international, goalnya PT Kereta Api Indonesia (KAI) berperan di kancah global. Targetnya perusahaan negara Indonesia mendunia. Sebagai tindak lanjut dari kerja sama antara PT Kereta Api Indonesia dan PT INKA dengan Stadler, produsen gerbong kereta api kelas dunia asal Swiss itu, segera membangun kantor cabang Asia dan Oseania di Indonesia.

“Kita bersepakat dengan Stadler, partnership dengan grup Kereta Api Indonesia yang di bawahnya tentu ada PT Kereta Api dan PT INKA, bersama-sama membangun pabrik dan sudah akan selesai,” kata Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir dalam konferensi pers virtual dari Jenewa, Swiss, Jumat (16/10/2020).

Kerja sama internasional itu juga dilakukan untuk memastikan Indonesia bisa mensupply gerbong kereta api tingkat dunia. Dengan begitu pula, Stadler memastikan akan membuat kantor pusat untuk regional Asia dan Oseania, tempatnya di Indonesia.

“Karena itu kami sangat mengapresiasi kepercayaan internasional terhadap Indonesia.Kami memastikan akan banyak perusahan BUMN berkualitas global dan regional yang terlibat,” tuturnya.

Kerja sama antara PT INKA (Persero) dan PT Kereta Api Indonesia (Persero) dengan Perusahaan produsen kereta api Swiss Stadler Rail sudah dimulai pada 2019. Tiga perusahaan ini membentuk perusahaan patungan untuk membangun pabrik kereta api di Banyuwangi, Jawa Timur. Penandatanganan perjanjian tersebut dilakukan oleh Executive Chairman Stadler Rail Peter Spuhler dan Presiden Direktur PT INKA Budi Noviantoro dan disaksikan Duta Besar RI di Swiss, Muliaman D Hadad.

Dalam kerja sama tahap pertama, total nilai investasi akan mencapai USD100 juta untuk memproduksi 125 gerbong per tahun, dan terus ditingkatkan menjadi 1.000 gerbang per tahun. Dengan kerja sama ini diyakini akan menjadikan perusahaan kereta api dalam negeri menjadi pemain tingkat regional. Indonesia akan mampu memproduksi kereta api kelas dunia.

“Kita sepakat dengan Stadler, INKA, KAI bersama-sama bangun pabrik untuk pastikan Indonesia bisa buat gerbong kereta api tingkat dunia,” ujarnya.

Menteri BUMN Erick Thohir bersama Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi berada di Swiss dalam perjalanan kerja untuk menjaring investasi asing. Menlu Retno LP Marsudi menjelaskan, dalam pertemuan bilateral dengan Pemerintah Swiss, telah menghasilkan beberapa poin.

Pertama, Indonesia mengapresiasi kebijakan Pemerintah Swiss untuk memasukkan RI sebagai salah satu negara prioritas kerja sama pembangunan 2021 – 2024. Kata Retno, Indonesia mengusulkan isu kesehatan dapat dimasukkan sebagai salah satu bidang kerja sama. Antara lain berupa penguatan kerja sama antarinstitusi, telemedicine, riset dan inovasi.

Kedua, Indonesia mengharapkan agar ratifikasi Indonesia-EFTA Comprehensive Economic Partnership Agreement (IE CEPA) dari pihak Swiss segera dilakukan.

Ketiga, Indonesia mengharapkan agar negosiasi perjanjian investasi bilateral dapat diselesaikan paling lambat awal tahun 2021. Keempat, Indonesia mengusulkan agar kerja sama pendidikan vokasi dan revitalisasi Balai Latihan Kerja menjadi bagian implementasi dari MoU on Labour and Employment.

Kelima, Indonesia mengharapkan ratifikasi Perjanjian Mutual Legal Assistance (MLA) segera diselesaikan oleh Swiss. Bagi pengusaha Swiss, Indonesia dinilai tetap merupakan negara atraktif dan menjadi tujuan bisnis mereka di Asia. ***

 

Check Also

Menteri BUMN Anggap Bagus Langkah Ahok Bongkar Praktik Salah Kelola Pertamina
Saat bertemu Menteri Erick Thohir Ahok menjabarkan mengenai kelemahan-kelemahan manajemen Pertamina. Ahok menyampaikan apa saja yang dilihat, dan diketahuinya di Pertamina

EmitenNews.com – Menteri BUMN Erick Thohir menganggap sangat bagus langkah Komisaris Utama Basuki Tjahaja Purnama …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: