Lagi, BEI Buka Galeri Investasi di Dua Pasar di Palembang

Galeri Investasi di “Pasar Becek” Bertambah jadi Lima

RS gen

Regulator Update, Self Regulatory Organizations (SRO) Monday, 14th May 2018 3:01:20 PM • 3 months ago


EmitenNews– Bursa Efek Indonesia (BEI) menambah dua Galeri Investasi Pasar Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel). Total terdapat Sembilan Galeri Investasi di provinsi yang tahun ini jadi salah satu tuan rumah Asian Games 2018 itu.

Galeri Investasi BEI terbaru di Sumsel itu tepatnya di Pasar Kamboja dan Pasar Bukit Kecil, Palembang. Galeri Investasi Pasar keempat dan kelima di seluruh Indonesia.

Galeri Investasi Pasar Kamboja dan Pasar Bukit kecil diresmikan oleh Direktur Pengembangan BEI, Nicky Hogan, Direktur Reliance Sekuritas Sriwidjaja selaku Anggota Bursa mitra dan Direktur Utama PD Pasar Palembang Jaya Asnawi P. Ratu, pada hari ini (14/05).

Turut hadir Kepala Kantor Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Regional 7 Sumatera Bagian Selatan Panca Hadi Suryatno dan Pjs Walikota Palembang Akhmad Najib.

Foto bersama usai peresmian Galeri Investasi BEI di pasar Bukit Kecil, Palembang, Sumsel, 14 Mei 2018. Foto: BEI

 

Pendirian Galeri Investasi BEI di Pasar Kamboja dan Pasar Bukit Kecil itu menunjukkan komitmen industri Pasar Modal Indonesia terhadap masyarakat umum secara luas dari berbagai kalangan. Bahwa setiap individu berhak untuk sejahtera.

”Dengan adanya program Yuk Nabung Saham yang memungkinkan pembukaan rekening efek sebesar Rp100 ribu, tentunya membuka kesempatan bagi setiap masyarakat Indonesia untuk dapat turut menjadi bagian dari Pasar Modal Indonesia,” ungkap Nicky.

Alasan pendirian Galeri Investasi di pasar tradisional adalah keberadaan pasar tradisional sangat dibutuhkan oleh masyarakat seiring dengan peranan pentingnya dalam menggerakkan dan menumbuhkan perekonomian masyarakat. Pasar tradisional juga dikenal sebagai tempat dan pusat pemasaran produk lokal sehingga pasar tradisional dapat menyerap banyak potensi keramaian masyarakat banyak.

Selain itu, di pasar tradisional masyarakat dapat berbaur dengan bebas, tidak membedakan tingkat ekonomi, status sosial, maupun agama. Di pasar tradisional juga terjadi perputaran uang dan barang yang cukup besar.

Pasar tradisional juga membantu menampung penyerapan tenaga kerja lokal khususnya yang tidak mempunyai keahlian khusus.

Pendirian Galeri Investasi BEI di Pasar Kamboja dan Pasar Bukit Kecil, menurut Nicky, ingin menghapus kesan bahwa Pasar Modal hanya untuk masyarakat golongan tertentu saja. ”BEI ingin memberikan gambaran bahwa Pasar Modal Indonesia untuk seluruh lapisan masyarakat di Indonesia,” tegasnya.

Pasar Kamboja merupakan pasar tradisional yang baru mengalami peremajaan oleh Departemen Perdagangan dan berada di kota Palembang. Luas area Pasar Kamboja adalah 504 meter persegi, sebanyak 150 kios, dengan jumlah perputaran dana sebesar Rp3,15 miliar per bulan.

Pasar Bukit Kecil merupakan pasar tradisional berlantai 2 yang berada di jalan KH. A. Dahlan, Kota Palembang dengan 181 kios. PD Pasar Palembang Jaya sendiri berkantor di Pasar Bukit Kecil pada lantai 2 dan lantai 1 merupakan tempat aktivitas pasar tradisional.

Investor Sumsel

Jumlah investor Pasar Modal di Sumatera Selatan per 29 Maret 2018 sebanyak 11.427 single investor identification (SID). Dengan penambahan Galeri Investasi Pasar Kamboja dan Pasar Bukit Kecil, maka saat ini ada 383 Galeri Investasi BEI di seluruh Indonesia, yang termasuk Galeri Investasi Kampus, Non Kampus dan Pasar.

Sebelumnya pada tahun ini, BEI telah mendirikan Galeri Investasi Pasar sejenis yang terletak di Pasar Cikurubuk Tasikmalaya, Pasar Sepinggan Balikpapan dan Pasar Ujung Berung Bandung. Galeri Investasi BEI merupakan salah satu cara BEI memperluas inklusivitas Pasar Modal Indonesia. Galeri Investasi BEI berkonsep 3 in 1 alias kerja sama antara BEI, Perguruan Tinggi, dan Anggota Bursa.

Galeri Investasi BEI menyediakan semua publikasi dan bahan cetakan mengenai pasar modal yang diterbitkan oleh Bursa Efek Indonesia termasuk peraturan dan Undang-Undang Pasar Modal. Informasi dan data yang ada di Galeri Investasi BEI dapat digunakan baik untuk tujuan akademik dan penelitian, maupun sebagai referensi dalam pengambilan keputusan saat melakukan transaksi jual dan beli Efek.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *