#
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. (Dok. SINDOnews).

Lawan Penyebaran Virus Corona, Pemerintah Provinsi Jawa Barat Siapkan Rp500 Miliar
“Arahan presiden dana itu diambil dari anggaran yang tidak diprioritaskan, salah satunya dari anggaran perjalanan dinas, dimayoritaskan untuk anggaran kesehatan," kata Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil

EmitenNews.com – Perang melawan penyebaran virus corona di wilayah Jawa Barat, Pemerintah Provinsi Jabar kembali melakukan refocusing dan relokasi anggaran Rp500 miliar, untuk percepatan penanganan pandemi virus Corona (Covid-19). Dana itu, selain untuk menanggulangi isu kesehatan, juga dalam mengatasi isu ekonomi yang muncul akibat wabah virus asal Wuhan, Hubei, China itu.

“Kita siapkan dana sampai Rp500 miliar. Dana itu sedang kita diskusikan dengan DPRD untuk dicari sumber-sumbernya. Arahan presiden dana itu diambil dari anggaran yang tidak diprioritaskan, dimayoritaskan untuk anggaran kesehatan,” kata Gubernur Jabar Ridwan Kamil di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Selasa (24/3/2020), usai melakukan rapat terbatas dengan Presiden Joko Widodomelalui konferensi video.

Kemungkinan dana ratusan miliar itu akan didapatkan salah satunya dari alokasi perjalanan dinas. Sesuai arahan presiden, kata Ridwan Kamil, agar daerah segera melakukan analisa, untuk melakukan pergeseran mana untuk menguatkan dana kedaruratan. “Antara lain dari dana perjalanan dinas untuk dipangkas dan digeser, lalu anggaran lain yang tidak prioritas.”

Seperti diketahui Presiden Jokowi juga memberikan kemudahan finansial bagi warga yang terdampak Corona secara ekonomi. Antara lain melalui penangguhan cicilan hingga satu tahun, bunga diturunkan, kartu sembako ditambah Rp50 ribu. Emil menyebutkan, masyarakat yang masuk kategori rawan miskin karena tidak optimal bekerja akan dibantu.

“Nanti kita kolaborasikan anggaran pusat dan daerah untuk membuat jaringan pengamanan sosial, khususnya di bidang pangan, subsidi sembako dan keuangan untuk yang terpapar sehingga rawan miskin,” ujar Emil, sapaan akrab Gubernur Ridwan Kamil.

Tahap pertama, Pemprov Jabar melakukan pergeseran alokasi anggaran Rp48 miliar. Dana itu dialokasikan untuk memberikan sekitar 20 ribu alat pelindung diri (APD), 20 ribu alat rapid test dan penambahan fasilitas di berbagai rumah sakit rujukan.

Setelah yang semua dilakukan pemerintah, masyarakat perlu berdisiplin untuk tetap di rumah, berkegiatan, bekerja, belajar, dan beribadah dari rumah. Tujuannya menghindari kerumunan massa, dan tidak berinteraksi dengan orang, untuk memutus mata rantai penularan virus corona (Covid-19). ***

 

Check Also

Pendapatan Bunga Naik, Bank MNC Internasional (BABP) Catat Laba Rp20,43 Miliar di 2019

EmitenNews.com – PT Bank MNC Internasional Tbk (BABP) meraih pendapatan bunga bersih Rp403,50 miliar hingga …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: