#
Komoditas Emas. Foto: Pinterest

Macmahon Holdings Persilakan Medco Group dan Mitra Serap Right Issue

EmitenNews – Pemegang saham Macmahon Holdings Limited (Macmahon group) menyetujui penerbitan saham baru (right issue) dalam rangka tetap terlibat aktif di tambang emas Batu Hijau milik PT Amman Mineral Nusa Tenggara (AMNT, dulu Newmont Nusa Tenggara). Medco Group akan menjadi bagian dari pihak yang menyerap aksi korporasi biasa disebut Private Placement itu.

Pengumuman resmi Macmahon Holdings dan dinyatakan ke bursa saham Australia menyatakan hasil Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) menyetujui untuk right issue sebesar 40 persen. Rapat berlangsung di Perth, Australia, hari ini (12/07).

Agenda penerbitan saham baru merupakan bagian dari rangkaian penuntasan transaksi AMNT. Pemegang saham Macmahon mayoritas menyetujui usulan transaksi tersebut.

Chairman Macmahon, Jim Walker, mengatakan persetujuan pemegang saham terkait transaksi AMNT itu menjadi tonggak utama dalam evolusi perusahaan untuk menggapai skala bisnis yang jauh lebih besar.

”Dewan Macmahon sangat senang dengan hasil hari ini. Memaksimalkan nilai bagi semua pemegang saham sangat penting bagi kami dan kami yakin bahwa transaksi ini adalah kesempatan yang meyakinkan bagi Macmahon dan pemegang sahamnya,” kata Walker.

CEO Macmahon, Michael Finnegan, mengucapkan terima kasih kepada para pihak dan pemegang saham Macmahon atas dukungan selama masa sibuk aktivitas perusahaan. ”Kami sangat berterima kasih atas dukungan dan dorongan yang diberikan oleh klien kami yang ada. Kami tetap berkomitmen untuk memenuhi janji kami di manapun kami beroperasi, dan berharap dapat membangun hubungan kerja yang sangat baik,” ucapnya.

Persetujuan pemegang saham hari ini, menurutnya, berarti bahwa transaksi AMNT sudah selesai seluruhnya. Macmahon mengharapkan kondisi ini berjalan sesuai rencana untuk segera diputuskan dan agar Transaksi AMNT selesai sebelum akhir Juli 2017.

Dalam keterangan sebelumnya disebutkan bahwa Macmahon akan menerbitkan sebanyak 954 juta saham pada harga AUD 0,203 per saham. Secara total maka diperkirakan sebesar AUD 193,662 juta atau setara sekitar Rp 1,95 triliun (kurs 10.059).

Secara rinci, saham baru diterbitkan Macmahon itu akan diserap oleh Amman Mineral Contractors Pte Ltd (AMC). Itu adalah perusahaan patungan AMNT dengan AP Investment. AP Investment sendiri merupakan mitra Medco Group dalam kepemilikan AMNT.

Dana diraih oleh Macmahon dari hasil right issue nantinya akan digunakan untuk mengakuisisi seluruh peralatan pertambangan bergerak di AMNT. Sebelumnya, dari hasil tender AMNT, Macmahon memang mendapatkan hak untuk menjadi kontraktor di tambang Batu Hijau dengan durasi seumur hidup (lifetime).

Sekadar pengingat, PT Medco Energi Internasional Tbk (MEDC) mengumumkan skema pengambilan PT Newmont Nusa Tenggara (NNT) pada September 2016. Perusahaan pimpinan Arifin Panigoro itu akan menguasai 50 persen tambang emas dan tembaga itu.

Transaksi terdiri atas pembelian 50 persen saham PT Amman Mineral Investama (AMIV) sebesar USD 404 juta atau sekitar Rp 5,2 triliun. Selanjutnya MEDC berkewajiban memberikan pinjaman sebesar USD 246 juta atau sebesar Rp 3,1 triliun.

Maka jika diakumulasi MEDC harus merogoh kocek sekitar Rp 8,3 triliun untuk merealisasikan kepemilikan terhadap NNT yang kemudian ganti nama menjadi AMNT.

AMVI adalah pemilik 99 persen saham PT Amman Mineral Ventura (AMV). Selanjutnya, AMV adalah pemilik 99 persen PT Amman Mineral Internasional (AMI). Di tangan AMI lah kepemilikan langsung terhadap NNT sebesar 82,2 persen.

MEDC kemudian memiliki secara bersama dengan PT AP Investment terhadap saham AMVI dengan porsi kepemilikan sama yaitu 50 persen.

 

Check Also

Kurangi Beban Keuangan, Rig Tenders (RIGS) Jual Kapal Tongkang Rp5,2 Miliar

EmitenNews.com – Anak usaha PT Rig Tenders Tbk (RIGS) yakni PT Batuah Abadi Lines telah …

%d bloggers like this: