Mandiri Investasi Modernisasi Jualan Reksa Dana dengan CekAja.com

Jos Klueniy

Emiten Update Wednesday, 14th June 2017 8:26:03 PM • 1 year ago


EmitenNews – PT Mandiri Manajemen Investasi (Mandiri Investasi) rambah e-Commerce melalui kerjasama dengan CekAja.com. Ditawarkan satu platform yaitu Smart Profiling System untuk membantu para calon nasabah memilih produk Reksa Dana disesuaikan dengan profilnya.

Smart Profiling System dibangun Mandiri Investasi untuk dihadirkan di situs CekAja.com akan bersifat interaktif. Platform itu dibangun sebagai tindak lanjut kehadiran aplikasi Moinves yang diperkenalkan Mandiri Investasi sejak 1 September 2016.

Direktur Utama PT Mandiri Manajemen Investasi, Muhammad Hanif, mengatakan pihaknya percaya bahwa peluncuran aplikasi Moinves akan membawa layanan finansial ke era baru mengikuti perkembangan pasar digital di Indonesia.

Permintaan akan layanan transaksi investasi reksa dana dan portofolio management online meningkat seiring dengan berbagai program edukasi yang dijalankan baik oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) maupun semua perusahaan Manajer Investasi lainnya.

Moinves diklaim sebagai terobosan cara investasi online berbasis aplikasi dimana nasabah dapat melakukan transaksi reksa dana secara online yang bisa di-download di Google Playstore dan Apple App Store.

Dengan Moinves nasabah dapat melakukan pembelian (subscription), penjualan (redemption), pengalihan (switching), melihat pergerakan NAB (nilai aktiva bersih) dalam bentuk grafik, menganalisa risk profile, menghitung nilai investasi dengan kalkulator finansial dan mengkases semua laporan transaksi yang sudah dilakukan dalam bentuk consolidated statement.

”Moinves ditargetkan kepada individu yang baru akan memulai investasi di pasar modal dengan cara yang sangat mudah (user friendly) baik yang sudah memahami investasi dan juga bagi individu yang baru akan memulai investasi di pasar modal. Moinves akan mengubah pandangan bahwa investasi itu kompleks, dimana prosesnya berbelit-belit dan hanya berlaku untuk orang yang sudah memiliki dana yang cukup besar,” tuturnya di Jakarta, hari ini (14/06).

Direktur Sales PT Mandiri Manajemen Investasi, Endang Astharanti, mengungkapkan melalui aplikasinya itu pihaknya ingin menjadi perusahaan manajer investasi pertama yang dapat memberikan end-to-end online investment solution, dimana semua aktifitas dari registrasi sampai transaksi dilakukan secara remote dan paperless.

”Nasabah dapat menikmati kemudahan berinvestasi tanpa harus beranjak dari rumah atau ke bank untuk membuka rekening baru, semua bisa dilakukan lewat satu aplikasi smartphone,” ucapnya.

Terkait kerjasama dengan salah satu perusahaan Financial Technology (Fintech), CekAja.com, menurutnya karena marketplace itu siap untuk segala produk finansial serta asuransi dari bank maupun pialang asuransi terpercaya.

Baru-baru ini CekAja.com membuka jalan pelayanan di 8 kota besar di Indonesia yaitu di Bandung, Denpasar, Surabaya, Medan, Palembang, Semarang, Sidoarjo, Palembang. ”Salah satu tantangan terbesar untuk ke depannya adalah bagaimana membuat layanan kami menjadi pintu keterbukaan informasi serta akses bagi seluruh masyarakat Indonesia terhadap produk-produk finansial (financial inclusion), bukan hanya bagi masyarakat yang berada di kota besar namun dapat pula menjangkau seluruh pelosok Indonesia”, tutur Co Founder & CEO C88 Financial Technologies Group (induk usaha CekAja.com) John Patrick Ellis.

Maka, kata Ellis, pihaknya sangat antusias untuk berkerjasama dengan Mandiri Manajemen Investasi dalam menawarkan produk-produk investasi Reksa Dana di dalam platformnya. ”Sejalan dengan pertumbuhan dunia digital di Indonesia, pengguna layanan kami juga meningkat secara signifikan dengan pertumbuhan sebesar 40 persen untuk setiap bulannya secara konsisten dalam satu tahun terakhir ini,” akunya.

Kerjasama yang akan dijalankan antara Mandiri Investasi dan Cek.Aja.com bukan hanya akan menyediakan produk investasi Reksa Dana tapi juga menciptakan proses pemilihan Reksa Dana dengan user experience yang simple dan menyenangkan.

Calon nasabah hanya perlu menjawab beberapa pertanyaan dan akan lebih mengerti diri mereka sebagai tipe investor apa dan dengan informasi tersebut akan digunakan oleh Mandiri Investasi dan CekAja.com agar ditawarkan produk investasi Reksa Dana yang paling sesuai dan cocok.

Metode yang digunakan adalah metode GoalSetting dimana user diminta memberikan informasi mengenai detil tujuan investasi, berapa lama rencana pencapaian hasil dan tingkat risiko yang dimiiiki oleh si calon nasabah.