#
Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman memberikan penghargaan kepada Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa atas keberhasilan sebagai pembina Upaya Khusus Sapi Indukan Wajib Bunting (Upsus Siwab), di Surabaya, Kamis (10/10/2019). (Dok. Surya).

Menteri Pertanian Minta Gubernur Jatim jadi Mentor Inseminasi Sapi bagi Provinsi Lain
Gubernur Khofifah Indar Parawansa mendapatkan penghargaan Menteri Amran Sulaiman sebagai pembina Upaya Khusus Sapi Indukan Wajib Bunting

EmitenNews.com –  Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman meminta Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menjadi mentor bagi provinsi lain di Indonesia dalam hal inseminasi buatan khususnya sapi. Tujuannya, supaya wilayah lain di Tanah Air juga bisa mengembangkan peternakan khususnya inseminasi sapi sebagaimana keberhasilan di Jawa Timur.

“Kontribusi Jawa Timur untuk daging sapi secara nasional mencapai 40 persen. Ini prestasi luar biasa. Untuk itu kami apresiasi Ibu Gubernur Jatim yang luar biasa ini,” kata Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman saat memberikan penghargaan atas keberhasilan Gubernur Jawa Timur sebagai pembina Upaya Khusus Sapi Indukan Wajib Bunting (Upsus Siwab).

Dari informasi yang dikumpulkan Sabtu (12/10/2019), Gubernur Jatim Khofifah mendapatkan penghargaan sebagai Pembina Upsus Siwab Tingkat Provinsi dengan Jumlah Aseptor Terbanyak se-Indonesia. Menteri Amran menyerahkan langsung Penghargaan itu di sela pembukaan kegiatan Rapat Evalusi Upaya Khusus Sapi Indukan Wajib Bunting 2019, di Surabaya, Kamis (10/10/2019).

Menteri Amran meyakini Indonesia bisa swasembada daging sapi jika ada provinsi lain seperti Jawa Timur. Kebutuhan sapi di Jatim hanya sekitar satu juta ekor, sedangkan produksi sapinya sudah melebihi. Tahun ini target produksi sapi dengan metode inseminasi dipatok 1,3 juta, tapi per Oktober sudah mencapai sekitar 1,39 juta ekor.

Mentan memohon kepada Gubernur Jatim agar inseminator di Jatim bisa membantu provinsi lain. Kalau bisa daerah sentra produsen sapi, seperti Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Selatan, Lampung, Jawa Tengah, Jawa Barat dijadikan seperti Jatim.

Amran berharap, Jawa Timur bisa menjadi percontohan provinsi-provinsi lainnya di Indonesia, dalam memproduksi sapi. Ia meyakini, jika ada lima provinsi saja yang produksi sapinya seproduktif Jatim, Indonesia mampu melakukan ekspor dan menguasai pasar Asia.

“Makanya kita harus memikirkan bagaimana menciptakan Jatim-Jatim baru. Nanti petugasnya bisa memberi pelatihan provinsi lainnya,” kata Amran.

Signifikannya angka pertumbuhan sapi di Jatim karena adanya inseminator. Yakni memasukkan secara sengaja sel sperma ke rahim atau serviks sapi betina, dengan tujuan memperoleh kehamilan.

Jika metode ini bisa berjalan di seluruh provinsi, Amran optimistis mimpi Indonesia menguasai pasar sapi Asia, bakal tercapai. Apalagi Indonesia sudah mampu memproduksi Sapi Belgian Blue hingga Limousin yang bobotnya tiga sampai empat kali lipat sapi lokal.

“Kita sudah meletakkan pondasi, kita kini tinggal melanjutkan. Itu mimpi kita jadi kenyataan hari ini. Di sana tinggal dilanjutkan ke depan,” ujar Amran.

Amran mengklaim angka pertumbuhan sapi meningkat pesat sejak 2014. Ia mengungkapkan, saat itu sapi Indonesia jumlahnya sekitar 14 juta ekor dalam satu tahun. Saat ini, angkanya sudah menyentuh 18 juta, bahkan hampir 19 juta ekor tiap tahun.

“Ada memang kenaikan. Itu sapi yang kita miliki di luar yang dipotong per tahun. Peningkatannya lumayan. Dulu hanya 200 ribu-300 ribu peningkatannya per tahun,” kata Amran.

Bagusnya Khofifah mengaku siap menjalankan peran itu. Ketua Umum PP Muslimat NU itu siap menjadikan Jawa Timur sebagai mentor daerah lain dalam hal memproduksi sapi berkualitas. Metodenya bisa dua macam. Namun, menurut Khofifah, prinsipnya pertukaran tenaga ahli. Bisa Jawa Timur yang mengirim ke daerah yang dituju atau sebaliknya inseminator sapi provinsi lain yang belajar ke Jawa Timur.

“Saya dan Pak Menteri tadi saling cocokkan, nanti akan ada pembagian tugas. Misalnya biaya apa menjadi tanggungan Kementan, lalu yang lain Pemprov. Apalagi masih mungkin membahas APBD 2020. Tadi beliau menyebutkan lima provinsi yang akan dijadikan pendalaman,” ujar Khofifah Indar Parawansa. ***

 

Check Also

Masyarakat Kini Punya Kesempatan Sama Akses Teknologi Digital Konektivitas Sangat Cepat
Presiden resmikan pengoperasian Palapa Ring, Senin (14/10/2019). Tol langit ini menghubungkan seluruh ibu kota di 514 kabupaten dan kota di Indonesia

EmitenNews.com – Masyarakat kini memunyai kesempatan sama mengakses teknologi digital dengan konektivitas sangat cepat. Presiden …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *