EmitenNews.com - Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo melaju ke final BWF World Tour Finals 2021. Ganda putra Indonesia itu, meraih tiket final seusai menang atas ganda putra andalan Taiwan, Lee Yang/Wang Chi-Lin. Dalam semifinal di Mangupura Hall, The Westin Resort, Nusa Dua, Bali, Sabtu (4/12/2021) malam WIB itu, Marcus/Kevin menang rubber game –18-21, 23-21, dan 21-17. Kedua ganda top dunia itu, bertanding ketat dalam laga berdurasi 61 menit.


Aksi Marcus/Kevin sempat membuat frustrasi Lee Yang. Lee Yang melempar raket ke arah jatuhnya shuttlecock setelah Marcus memberikan dropshot yang tampak sulit untuk dijangkau.


Selain meraih tiket final BWF World Tour Finals 2021, Marcus/Kevin juga menegaskan dominasi atas Lee/Wang. Kini, Marcus/Kevin tercatat telah memetik lima kemenangan dalam enam pertemuan kontra Lee/Wang.


Pada partai puncak BWF World Tour Finals 2021, Marcus/Kevin akan melawan wakil Jepang. Takuro Hoki/Yugo Kobayashi. Itu akan menjadi partai ulangan final Indonesia Open 2021 dan Indonesia Masters 2021. Marcus-Kevin menang dalam Indonesia Masters 2021, membalas kekalahan mereka pada Indonesia Open 2021.


Marcus/Kevin mengantongi modal apik jelang bersua Lee/Wang pada semifinal BWF World Tour Finals 2021. The Minions mampu memetik empat kemenangan dalam lima pertemuan kontra Lee/Wang.


Marcus/Kevin juga masih unggul secara peringkat atas Lee/Wang. Mereka berada di peringkat satu dunia, sedangkan Lee/Wang menempati posisi ketiga. Kendati Marcus/Kevin lebih unggul secara peringkat dan rekor pertemuan, Lee/Wang tetap menjadi pasangan berbahaya, sehingga harus diwaspadai. Lee/Wang adalah peraih medali emas Olimpiade Tokyo 2020. Selain itu, mereka juga juara bertahan dari BWF World Tour Finals edisi 2020.


Ketangguhan Lee/Wang terlihat ketika mereka kembali bersua Marcus/Kevin pada semifinal BWF World Tour Finals 2021. Ganda putra andalan Taiwan itu, tampil merepotkan sehingga menuntut upaya maksimal dari Marcus/Kevin. Pada gim pertama, duel antara Marcus/Kevin dan Lee/Wang berjalan sengit. Mereka saling membalas poin hingga kedudukan 6-6.


Marcus/Kevin sempat unggul, tetapi Lee/Wang dengan cepat merespons dan mengambil alih keunggulan. Lee/Wang memimpin duel, 11-8 pada interval gim pertama. Seusai interval, Marcus/Kevin mengejar dan menyamakan kedudukan 12-12. Mereka mendapatkan momentum berkat situasi tersebut. Marcus/Kevin berbalik unggul.


Lee/Wang kembali menyamakan kedudukan menjadi 16-16. Lee/Wang kemudian berbalik unggul hingga memenangi gim pertama dengan skor 21-18. Pada gim kedua, laga antara Marcus/Kevin dan Lee/Wang berjalan lebih sengit. Mereka tak pernah unggul lebih dari dua poin. Situasi itu sudah terjadi sejak awal gim kedua.


Marcus/Kevin yang sempat unggul dua poin, gagal memaksimalkan momentum sehingga mampu dikejar oleh Lee/Wang. Marcus/Kevin juga sempat unggul dua poin saat mencapai interval gim kedua. Namun, Lee/Wang berhasil mengejar hingga berbalik unggul. Keunggulan Lee/Wang pun tak bertahan lama.


Bagusnya, Marcus/Kevin mengambil alih keunggulan pada kedudukan 16-15. Marcus/Kevin unggul hingga mencapai game point. Lee/Wang sempat memaksakan deuce di angka 20-20 dan 21-21. Namun, The Minions mampu mengatasi tekanan tersebut hingga mengamankan gim kedua setelah unggul 23-21 atas Lee/Wang.


Memasuki gim ketiga, kembali terjadi duel sengit antara Marcus/Kevin dan Lee/Wang. Pada partai penentuan kedudukan antara kedua pasangan sempat imbang pada poin 6-6. Namun, setelah itu, Marcus/Kevin terus unggul. Saat mencetak poin kedelapan, Marcus membuat pasangan Taiwan tampak frustrasi dengan dropshot yang ia lancarkan.


Pukulan dropshot itu membuat Wang Chi-Lin mati langkah, sementara Lee Yang melempar raket ke arah jatuhnya shuttlecock yang dilancarkan Marcus.  Marcus/Kevin mampu mempertahankan keunggulan dan menutup gim ketiga dengan skor 21-17. Marcus/Kevin berhak melaju ke final BWF World Tour Finals setelah menang rubber game atas Lee/Wang.


Selangkah lagi Marcus-Kevin bakal menunjukkan keperkasaannya. Pada partai puncak BWF World Tour Finals 2021, mereka sudah ditunggu wakil Jepang. Takuro Hoki/Yugo Kobayashi. Pasti seru. Karena, ini akan menjadi partai ulangan final Indonesia Open 2021 dan Indonesia Masters 2021. ***