EmitenNews.com - Adaro Energy (ADRO) melepas 2.750 lembar atau 55 persen saham PT Sarana Daya Mandiri (SDM). Saham milik PT Alam Tri Abadi (ATA), anak usaha perseroan itu, dilepas kepada PT Sarana Mekar Pratama (SMP).


SMP merupakan entitas anak dari PT Adaro Logistics (AL), suatu perseroan terbatas seluruh saham dimiliki secara langsung, dan tidak langsung oleh Adaro. Transaksi afiliasi senilai Rp62,94 miliar itu, telah dilakukan pada Selasa, 19 Oktober 2021 lalu.


Setelah transaksi itu, SMP memiliki saham SDM 2.750 lembar atau 55 persen. Transaksi afiliasi itu, telah melalui prosedur sebagaimana diatur dalam Pasal 3 POJK 42/2020, dan telah dilaksanakan sesuai dengan praktik bisnis berlaku umum. Transaksi afiliasi bukan merupakan transaksi benturan kepentingan, sehingga tidak butuh persetujuan rapat umum pemegang saham independen perseroan sebagaimana diatur POJK 42/2020. 


Alasan transaksi itu, adalah pilar bisnis logistik sangat penting bagi perseroan. Pilar itu, membantu memastikan perseroan dapat memberi pasokan batubara andal bagi para pelanggan. Pengembangan, dan peningkatan keselarasan bisnis logistik dapat menjamin kalau batubara terkirim dengan aman, tepat waktu, dan tidak terkontaminasi sepanjang rantai pasokan. 


Selain memberi kendali penuh perseroan terhadap kegiatan pengiriman batubara, juga menghasilkan efisiensi biaya, dan kontribusi keuangan. Perseroan melalui AL, telah memusatkan pengelolaan, dan koordinasi atas seluruh anak perusahaan yang menangani operasi logistik mulai angkutan tongkang batubara, dan pemuatan kapal, pengerukan, dan pemeliharaan alur sungai, dan bongkar muat, sampai ke bisnis terkait lain. 


Sedang kegiatan operasional SDM, mengeruk alur Sungai Barito memungkinkan alur untuk dapat dilalui dua arah selama 24 jam  per hari. SDM juga mempertahankan lebar, dan kedalaman alur sepanjang 15 km ini dengan melakukan pengerukan secara rutin supaya selalu aman untuk navigasi. ”Manfaat transaksi keselarasan bisnis menjadi lebih baik. Transaksi itu, juga melengkapi program perseroan untuk memusatkan pengelolaan, dan koordinasi atas seluruh anak perusahaan yang menangani operasi logistik,” tutur manajemen Adaro Energy, seperti dilansir Bursa Efek Indonesia (BEI), Jumat (22/10).


Sekadar informasi, Komisaris Utama Alam Tri Abadi (ATA) yang mendivestasi saham yang dimiliki pada Sarana Daya Mandiri (SDM) itu, Garibaldi Thohir alias Boy Thohir. Kakak kandung Menteri BUMN Erick Thohir itu, tengah butuh dana segar untuk aksi korporasi. Salah satunya, akuisisi Trimegah Sekuritas (TRIM). Patut diduga, transaksi itu untuk mendanai akuisisi tersebut. (*)