EmitenNews.com - Fitch Ratings Indonesia telah menetapkan Peringkat Nasional 'AA(idn)' untuk program obligasi dan obligasi rupiah PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BBTN) di AA(idn)/Stabil.


Rincian obligasi yang diperingkat adalah sebagai berikut:

- Obligasi Berkelanjutan II Tahap 1 (2015)

- Obligasi Berkelanjutan III Tahap 1 (2017) dan Tahap 2 (2019)

- Program Obligasi Berkelanjutan IV (2020)

- Obligasi Berkelanjutan IV Tahap 1 (2020)


Peringkat Nasional 'AA' menunjukkan ekspektasi tingkat risiko gagal bayar yang sangat rendah dibandingkan dengan emiten atau obligasi lain di negara atau serikat moneter yang sama. Risiko default yang melekat hanya sedikit berbeda dari emiten atau obligasi dengan peringkat tertinggi di negara tersebut.


Obligasi tersebut memiliki peringkat yang sama dengan Peringkat Nasional Jangka Panjang BTN di 'AA(idn)', sesuai dengan kriteria Fitch, karena merupakan kewajiban langsung dan senior tanpa jaminan perusahaan dan peringkat yang sama dengan semua kewajiban senior lainnya. Indonesia tidak memiliki kerangka resolusi yang canggih, dan kami yakin kewajiban ini memiliki prospek pemulihan yang rata-rata.


Peringkat Nasional Jangka Panjang BTN didorong oleh ekspektasi Fitch tentang kemungkinan moderat dari dukungan negara yang luar biasa jika diperlukan. Hal ini didasarkan pada kepentingan sistemik BTN sebagai bank komersial terbesar kelima di Indonesia, dengan pangsa 3,8% dari aset industri pada akhir-9M21, dan kepemilikan mayoritas negara.


Sebelumnya, Fitch Ratings Indonesia telah mengafirmasi Peringkat Nasional Jangka Panjang PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) di 'AA(idn)' dan Peringkat Nasional Jangka Pendek di 'F1+(idn)' . Outlooknya Stabil. Peringkat senior unsecured issue nasional bank milik negara itu juga telah ditegaskan di 'AA(idn)'.


Peringkat Nasional Jangka Panjang 'AA(idn)' menunjukkan ekspektasi tingkat risiko gagal bayar yang sangat rendah dibandingkan dengan emiten atau obligasi lain di negara atau serikat moneter yang sama. Risiko default yang melekat hanya sedikit berbeda dari emiten atau obligasi dengan peringkat tertinggi di negara tersebut.


Peringkat Nasional Jangka Pendek 'F1(idn)' menunjukkan kapasitas terkuat untuk pembayaran tepat waktu atas komitmen keuangan dibandingkan dengan emiten atau kewajiban lain di negara yang sama. Di bawah skala Peringkat Nasional lembaga tersebut, peringkat ini ditetapkan untuk risiko gagal bayar terendah dibandingkan dengan yang lain di negara yang sama. Di mana profil likuiditas sangat kuat, "+" ditambahkan ke peringkat yang ditetapkan.