EmitenNews.com - PT Elnusa Tbk (ELSA) melalui entitas anak usahanya PT Elnusa Petrofin (EPN) menggelar seremonial peletakan batu pertama (groundbreaking) pembangunan proyek Terminal Liquefied Petroleum Gas (TLPG) Pertamina di Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara, Jumat, 26 November 2021. Proyek tersebut berada di sebelah tenggara Fuel Terminal Pertamina Kolaka, di daerah Kolakaasi.

 

Groundbreaking yang dilakukan oleh EPN ini sebagai upaya untuk turut mendukung Pertamina dalam menjamin ketersediaan LPG di Sulawesi Tenggara dan sesuai dengan keputusan Menteri ESDM 2157 K/lO/MEM/2017 mengenai pembangunan sarana dan infrastruktur penyimpanan LPG.

 

Kegiatan ini dihadiri oleh Direktur Utama PT Elnusa Petrofin Haris Syahrudin beserta jajaran Direksi Elnusa Petrofin lainnya, VP Joint Terminal Service Operation Subholding Commercial & Trading PT Pertamina Patra Niaga Isnanto Isnanto Suseno, Executive GM Marketing Operation Region Sulawesi Pertamina Agus Dwi Djatmoko. Selain itu turut hadir Bupati Kolaka Ahmad Safei beserta jajaran Forkopimda Kabupaten Kolaka dan jajaran kepala dinas terkait.

 

Terminal LPG Kolaka akan diintegrasikan dengan Fuel Terminal Kolaka dengan luas lahan kurang lebih 9.589 m2 untuk lokasi sarana fasilitas TLPG dan luas area 2.718 m2 sebagai area pembangunan sarana fasilitas Terminal LPG. Sehingga total luasan areal pembangunan Terminal LPG kolaka 12.000 m2.

 

Pembangunan Terminal LPG Kolaka ini mencakup Tanki Bola (Spherical Tank) berkapasitas 2 x 1.500 MT dengan kelengkapan sarana fasilitas Pompa LPG, Loading Bay ke Skid tank LPG, dan sarana pendukung operasional yang mumpuni. Diperkirakan proyek ini selesai dalam waktu 24 bulan.

 

Haris Syahrudin selaku Direktur Utama PT Elnusa Petrofin mengatakan, kehadiran Terminal LPG ini diharapkan mampu mendukung pemenuhan kebutuhan LPG di Sulawesi Tenggara dan mendorong akselerasi perekonomian daerah setempat.

 

Hal senada disampaikan VP Joint Terminal Service Operation Subholding Commercial & Trading PT Pertamina Patra Niaga Iswanto Suseno. .Groundbreaking ini merupakan bentuk komitmen Pertamina Grup demi terwujudnya kedaulatan energi nasional. Kami mengucapkan terima kasih atas dukungan semua pihak terhadap pembangunan Terminal LPG Kolaka ini. tutup Iswanto.

 

Bupati Kolaka Ahmad Safei menyambut baik pembangunan Terminal LPG Kolaka. Ia berharap nantinya pemenuhan kebutuhan LPG semakin baik dan mampu menciptakan peluang baru dan bermanfaat bagi seluruh lapisan masyarakat Kolaka.

 

Dalam kesempatan tersebut juga dilakukan pemberian CSR secara simbolis kepada Yayasan Pendidikan Islam Nursyamzam sebagai wujud kepedulian Elnusa petrofin terhadap pendidikan di wilayah tersebut.