EmitenNews.com - Perusahaan farmasi PT Kalbe Farma (KLBF) baru meluncurkan tes diagnostik Covid-19 berteknologi mutakhir karya anak bangsa pertama dengan sampel air liur (saliva) mulai hari ini, Jumat(19/3).


Presiden Komisaris KLBF, Irawati Setiady menyampaikan, tes pemeriksaan LAMP Saliva ini sangat bermanfaat bagi percepatan penanggulangan pandemi Covid-19, membantu pemerintah membuka akses lebih luas lagi, karena mampu menjangkau masyarakat pedesaan minim infrastruktur laboratorium pemeriksaan Covid-19.


“Tes diagnostik Covid-19 dengan sampel air liur ini menggunakan metode RT LAMP (Reverse Transcription Loop Mediated Isothermal Amplification) yang dapat mendeteksi secara spesifik asam nukleat sebagai material genetik dari virus SARS CoV-2,” jelas dia dalam siaran pers, Jumat(19/3).


Ia menambahkan, RT LAMP dengan sampel air liur saliva ini menawarkan banyak keunggulan dan kenyamanan bagi pasien, yaitu nyaman dan praktis, akurasi tinggi, cepat dan ekonomis.


“Dengan segala fitur unggulan ini, kami harapkan RT LAMP saliva bisa menjangkau masyarakat lebih luas, sehingga program Tracing dan Testing bisa berjalan lebih optimal,”kata dia.


Lebih jauh, dia menyatakan, kehadiran tes inovatif ini bisa menjadi pilihan yang sangat baik karena memiliki performa akurasi tinggi, dengan sensitivitas 94 persen dan spesifisitas 98 persen. Selain itu cara pengambilan sampelnya yang hanya dari saliva (air liur), memberikan kenyamanan dan kepraktisan yang tidak pernah dibayangkan jika dibandingkan dengan tes Covid-19 lainnya sudah tersedia saat ini.


Terlebih, sampel saliva tidak membutuhkan alat khusus dan tidak menimbulkan risiko muntah ataupun hidung sensitif, dimana hal ini sangat memudahkan bagi anak2, orang yang hipersensitif dan merupakan pilihan tepat saat beribadah puasa yang akan segera menjelang.