EmitenNews.com - Yayasan Bangun Sejahtera Mitra Umat (YBSMU) bersama PT Bank Syariah Indonesia alias BSI (BRIS) berkomitmen mendampingi, dan membina alumni program Islamic Sociopreneur Development Program (ISDP). Saat ini, program ISDP mempunyai total alumni 77 peserta.


Langkah nyata, dan pendampingan YBSMU dan BSI itu, ditunjukkan dengan kunjungan Komisaris Independen BSI, M. Arief Rosyid Hasan ke alumi ISDP usaha Tambak Milenial Udang Vaname, Rabu (13/10). Hadir juga RCEO BSI Region XI Makassar Ficko Hardowiseto, Direktur Waqf and Digital Platform YBSMU Rizqi Okto Priansyah, dan Manager Unit Representative Office (URO VIII) Makassar YBSMU Ichwan Jufri.


Dukungan kepada alumni ISDP, itu untuk melakukan keberlanjutan manfaat program. ”Kami berusaha membersamai, dan mendampingi bisnis alumni ISDP,” tutur Direktur Waqf and Digital Platform YBSMU, Rizqi Okto Priansyah.


Campaign unggulan YBSMU, wakaf uang produktif untuk mendukung salah satunya pilar program Didik Umat yaitu ISDP. Diharap dengan kampanye wakaf produktif itu, bisa membantu memberdayakan UMKM, dan memperkuat ekonomi daerah.


Usaha alumni ISDP yaitu Tambak Milenial Udang Vaname terletak di Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan (Sulsel) diharap menjadi percontohan tambak udang sekitarnya. ”Dengan penguatan bisnis, diharap BSI dan YBSMU bisa berperan  memperkuat, memberdayakan, memajukan ekonomi, dan kesejahteraan masyarakat lokal,” tegas Komisaris Independen BSI, M. Arief Rosyid Hasan.


Tambak Milenial ini diharap menjadi penyedia Udang Vaname terbesar Sulsel dengan implementasi ilmu, dan pengalaman pengelolaan tambak sistem digital, ramah lingkungan, efisien, dan terjangkau. Kamis (14/10) YBSMU dan BSI juga melakukan sesi Sharing Session dengan alumni ISDP.


Majunya usaha alumni ISDP diharap mendukung pengembangan usaha UMKM daerah masing masing, meningkatkan sinergi, dan akselerasi wirausaha milenial era digital. Selain itu, BSI bersama YBSMU juga tetap memberi arahan, dan motivasi pada alumni peserta ISDP. Sebagai gambaran, saat ini jumlah penerima manfaat program ISDP 130 mahasiswa dari 7 kampus. Selain mahasiswa, program itu juga memberdayakan 139 karyawan.


Sejumlah alumni angkatan pertama dan kedua ISDP dari lima kampus ternama. Di antaranya IPB University, Universitas Gadjah Mada, Universitas Hasanuddin, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, dan Sekolah Tinggi Ekonomi Islam SEBI. Pendampingan alumni ISDP itu, upaya YBSMU menyukseskan program unggulan tahun ini yaitu 10 ribu Untuk Sejuta Kebaikan. 


Dengan program unggulan itu, masyarakat dapat berdonasi dengan Rp10 ribu atau lebih untuk dapat ikut berperan dalam membantu masyarakat yang membutuhkan melalui aplikasi BSI Mobile, bsmu.or.id, dan jadiberkah.id. (*)