EmitenNews.com - Untuk meningkatkan kinerjanya tahun ini, PT Kalbe Farma Tbk (KLBF) telah bekerja sama dengan industri farmasi dari India.


Adapun, KLBF bersama dengan PT Amarox Global Pharma, anak perusahaan Hetero suatu perusahan farmasi generik terkemuka di India bekerja sama memasarkan obat Movfor (Molnupiravir) atau obat antivirus terbaru yang digunakan dalam terapi Covid-19.


Obat ini diindikasikan untuk terapi pada pasien Covid-19 berusia di atas 18 tahun dengan gejala ringan dan sedang yang tidak memerlukan pemberian oksigen dan memiliki peningkatan risiko menjadi infeksi Covid-19 berat berdasarkan Pedoman Tatalaksana Covid-19 di Indonesia edisi terbaru.


Molnupiravir adalah obat anti virus baru yang telah mendapatkan Emergency Use Authorization (EUA) dari FDA Amerika Serikat maupun dari BPOM Indonesia untuk terapi Covid-19.


Movfor merupakan produk Molnupiravir pertama yang mendapatkan EUA dari BPOM Indonesia dan telah diluncurkan secara resmi di Indonesia tanggal 15 Februari 2022 oleh PT Amarox Global Pharma.


Menurut Sandeep Sur, General Manager Amarox Pharma Global, Mofvor telah dipasarkan dan digunakan untuk mengobati pasien Covid-19 di India dan di beberapa negara ASEAN.


"Berdasarkan hasil uji klinis fase 3, Molnupiravir efektif pada varian virus SARS -CoV-2 yang ada saat ini dan berpotensi menghambat infeksi varian Omicron SARS -CoV-2 dengan hasil RT-PCR viral clearance 100 % pada hari ke-5," kata Sandeep Sur dalam siaran pers seperti dikutip KONTAN , Jumat (19/2).


Sementara Direktur KLBF, Mulia Lie menambahkan, perseroan terus berkomitmen untuk mendukung pemerintah dalam mengatasi pandemi Covid-19. Hal ini selaras dengan visi misi KLBF untuk meningkatkan kesehatan bagi kehidupan yang lebih baik. Mulia Lie juga menyebut, saat ini KLBF memiliki kemampuan infratruktur pemasaran dan distribusi secara nasional dengan akses yang kuat ke tenaga kesehatan, rumah sakit, dan apotek.


Dengan didukung 76 cabang distribusi di 34 provinsi, KLBF diharapkan mampu mempercepat akses dan ketersediaan obat yang lebih luas bagi terapi Covid-19 di seluruh Indonesia. Sebelumnya KLBF telah bekerja sama dengan Amarox sebagai mitra utama dalam pemasaran dan distribusi obat antivirus Covid-19. Kerja sama pemasaran obat Movfor merupakan kelanjutan dari kerja sama obat Covid-19 lainnya yakni Covifor (Remdesivir) dan Fluvir (Oseltamivir).


Sandeep Sur menekankan, menyadari dampak pandemi Covid-19 yang menyeluruh dan meningkatnya jumlah kasus Covid-19, khususnya beberapa minggu terakhir, maka Amarox Pharma Global kembali berkolaborasi dengan KLBF untuk melakukan pemasaran bersama Movfor (Molnupiravir).