EmitenNews.com - Matahari Putra Prima (MPPA) menetapkan harga pelaksanaan rights issue Rp760 per saham. Perseroan menjajakan rights issue maksimal 1,17 miliar bernominal Rp50 per saham dan bakal meraup dana segar Rp890,11 miliar. 


Setiap pemegang 45 saham biasa atas nama dengan nama tercantum dalam Daftar Pemegang Saham (DPS) pada 7 Desember 2021 pukul 16.15 WIB mendapat 7 hak Memesan efek Terlebih Dahulu (HMETD). Di mana, 1 HMETD berhak untuk membeli 1 saham baru dengan nilai nominal Rp50 per saham.


Saham baru ditawarkan itu, seluruhnya saham dikeluarkan dari portepel perseroan dengan nilai nominal Rp50 per saham. Saham itu, akan dicatatkan di Bursa Efek Indonesia (BEI). HMETD dapat diperdagangkan di BEI serta di luar Bursa Efek selama 5 hari bursa mulai 9-10 Desember 2021, dan 13-15 Desember 2021. 


Pencatatan saham Baru hasil pelaksanaan HMETD akan dilakukan di BEI pada 9 Desember 2021. Tanggal terakhir pelaksanaan HMETD pada 15 Desember 2021 sehingga HMETD yang tidak dilaksanakan pada tanggal tersebut tidak berlaku lagi. 


Apabila Saham Baru yang ditawarkan dalam PUT VI ini tidak seluruhnya diambil atau dibeli oleh pemegang saham atau pemegang HMETD, maka sisanya akan dijatahkan secara proporsional berdasarkan atas jumlah HMETD yang dilaksanakan oleh masing-masing pemegang saham yang meminta penambahan saham berdasarkan harga pemesanan kepada pemegang HMETD lainnya yang melakukan pemesanan lebih besar dari haknya, sebagaimana tercantum dalam SBHMETD atau FPPST. 


Sesuai dengan Surat Pernyataan Komitmen dan Kecukupan Dana untuk Melaksanakan HMETD dan Pembeli Siaga dalam rangka Penawaran Umum Terbatas VI PT Matahari Putra Prima Tbk tanggal 7 Oktober 2021, PT Multipolar Tbk (MLPL) sebagai Pemegang Saham Utama akan melaksanakan seluruh HMETD yang akan diperolehnya dan akan bertindak sebagai Pembeli Siaga sampai dengan sejumlah saham yang nilainya setara dengan sebanyak-banyaknya Rp720 miliar. 


Sebagai Pemegang Saham Utama, MLPL akan melaksanakan seluruh HMETD yang dimilikinya sesuai dengan porsi pada tanggal daftar pemegang saham yang berhak untuk memperoleh HMETD, sejumlah 369.985.381 Saham Baru. 


Sebagai Pembeli Siaga, apabila setelah alokasi tersebut masih terdapat sisa saham yang ditawarkan, maka MLPL akan membeli sebagian sisa saham yang tidak diambil bagian tersebut dengan harga yang sama dengan harga pelaksanaan, yaitu Rp760  setiap saham, yaitu sebanyak-banyaknya Rp438.811.110.440 (Rp438,81 miliar), seluruhnya akan dibayar secara tunai.