EmitenNews.com - PT Kalbe Farma (KLBF) bakal mendirikan usaha patungan alias joint venture (JV). Itu dilakukan melalui Kalbe International Pte. Ltd, dan Ecossential Foods Corp (ECO). ECO berbasis di Philipina dengan fokus mendistribusikan produk-produk fast moving consumer goods (FMCG).


Nilai penyertaan modal Dalam usaha patungan itu senilai PHP 130 juta. Di mana, Kalbe dengan porsi kepemilikan 60 persen, dan 40 persen dimiliki ECO. Kini, perseroan dan ECO tengah mempersiapkan pembentukan usaha patungan, dan penyetoran modal. ”Sumber pendanaan dari kas internal,” tutur Lukito Kurniawan Gozali, Corporate Secretary Kalbe Farma.


Rencana itu, dilatari potensi luar biasa Philipina bagi pengembangan sejumlah produk perseroan. Melalui usaha patungan, perseroan akan memperkuat pemasaran, dan distribusi produk-produk di Philipina, khususnya untuk portofolio produk selain obat resep. ”Pembentukan usaha patungan bagian strategi perseroan untuk menyediakan produk kesehatan berkualitas pasar global dengan memperkuat ekspor produk andalan,” imbuhnya. 


Pendirian usaha patungan itu, salah satu strategi pengembangan, dan perluasan bisnis ekspor ke Philipina. Usaha patungan itu, diharap meningkatkan pendapatan penjualan ekspor. Secara keseluruhan segmen ekspor diharap tumbuh, dan berkontribusi 5-6 persen terhadap total pendapatan. 


Rencana pembentukan usaha patungan itu, tidak berdampak buruk terhadap laporan rugi laba perseroan. Itu karena pendirian usaha patungan, dan pendanaan setoran modal sepenuhnya dipenuhi dari kas internal perseroan. (*)